Pengaruh struktur modal dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan

Herlina Puspa Dewi, Popon Rabia Adawia, Irwan Rutlan Atmadiredja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh struktur modal dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor property dan real estate di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 - 2018. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 22 perusahaan. Data diperoleh berdasarkan publikasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan signifikansi alpha 0,05. Variabel independen yang digunakan adalah struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio dan kinerja keuangan yang diukur dengan Return on Assets, sedangkan nilai perusahaan yang diukur dengan Present Book Value merupakan variabel dependen. Pengujian hipotesis dan analisis koefisien determinasi penelitian menggunakan program SPSS versi 21. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara struktur modal dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan.

Keywords


Struktur modal; kinerja keuangan; nilai perusahaan

References


Abidin, Zainal, Meina Wulansari Yusniar dan Muhammad Ziyad. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Deviden dan Size terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 2, No. 3.

Anggitasari, Niyanti dan Siti Mutmainah. 2012. PengaruhKinerjaKeuanganTerhadapNilai Perusahaan DenganPengungkapan Corporate Social Responsibility danStruktur Good Corporate GovernanceSebagaiVariabelPemoderasi. Journal Accounting, Vol. 1, No. 2.

Anwar. 2005. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Likuiditas Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh.

Arifin, Zaenal. 2005. Teori Keuangan dan Pasar Modal. Yogyakarta: Ekonisia

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arviansyah, Yandri. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Yang Terdaftar di jakarta Islamic Index (JII). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Brigham, Eugene F dan Joel F, Houston. 2010. Manajemen Keuangan. Buku I Edisi II. Jakarta: Salemba Empat.

_________. 2001. Manajemen Keuangan Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Christiawan, Yulius Jogi dan Josua Tarigan, 2007. Kepemilikan Manajerial: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 9, No. 1.

Dewi, R.Rosiyana dan Tia Tarnia. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik, Vol. 6., No. 2.

Fadhilah, Ansoriyah. 2012. Pengaruh Struktur Modal terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Kajian Ekonomi dan Keuangan.

Fahmi, Irham. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fakhruddin, M dan Hadianto M. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Jakarta: Gramedia.

Gamayuni, Rindu Rika. 2012. Relevansi Kinerja Keuangan, Kualitas Laba, Intagible Asset, dengan Nilai Perusahaan. Jurnal Trikonomika, Vol. 11, No. 2.

Gayatri, Ni Luh Putu Rassri dan I Ketut Mustanda. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

___________. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

___________. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hamidy, Rahman Rusdi, I Gusti Bagus Wiksuana & Luh Gede Sri Artini. 2015. Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 4, No. 10.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus dan Riset Bisnis. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Haymans Manurung, Adler. 2004. Teori Struktur Modal: Sebuah Survey, Usahawan. No 04 Th XXIII.

Husnan, Suad. 2001. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKNP.

___________. 2004. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKNP.

Irayanti, Desi dan Altje L. Tumbel. Analisis Kinerja Keuangan Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 3.

Kaaro, Hermeindito. 2003. Prediksi Struktur Modal Berbasis Pecking Order Theory pada Kondisi Normal dan Ekonomi Krisis. Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha.

Munawir S. 202. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Permata Dani, Isabella dan A.A Gde Satia Utama. 2017. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, Vol. 2, No. 1.

Pudjiastuti, Enny dan Suad Husnan. 2004. Dasar - Dasar Manajemen Keuangan Jilid Empat. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar - Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: GPFEE.

_______. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Rodoni, Ahmad dan Herni Ali. 2010. Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Salvatore, Dominick. 2005. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Auliyah Palupi Putri Indah, Ronny Malavia Mardani & M. Agus Salim. 2018. Pengaruh Kinerja Keuagan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR dan GCG Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Sari, Diah Manda. 2016. Pengaruh Struktur Modal dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, Vol. 7, No. 3.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sepiyuliana, Maya. 2016. Pengaruh Modal IntelektualdanPengungkapan Modal IntelektualPadaNilai Perusahaan yang MelakukanIntial Public Offering. SimposiumNasionalAkuntansi 18 Universitas Sumatera Utara.

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Soliha dan Taswan. 2002. Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor yang Memengaruhi nya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.1, No.1.

Sugihen. 2003. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Produktivitas Aktiva, Kinerja Keuangan Serta Nilai Perusahaan Industri Manufaktur Terbuka di Indonesia. Disertasi, Universitas Airlangga.

Sugiyono. 2011. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2016. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. StatistikaUntukPenelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistiono. 2010. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 – 2008. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Sutrisno. 2003. Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Tauke, Putri Yuliana, Sri Murni & Joy E. Tulung. 2017. Pengaruh Kinerja Keuanagn terhadap Nilai Perusahaan Real Estate and Property. Jurnal EMBA, Vol. 5, No. 2.

Tjandrakirana dan Monika. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya.

Wati, Ni Kadek Ari Lina dan Ni Putu Ayu Darmayanti. 2013. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kinerja Keuangan terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisis. Universitas Udayana.

Winardi. 2001. Ekonomi Manajerial. Bandung: Mandar Maju.

www.britama.com

www.cnbcindonesia.com diakses 09 Februari 2018, 15:35 WIB

https://www.idx.co.id

https://www.sahamok.com




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.10143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Herlina Puspa Dewi, Popon Rabia Adawia, Irwan Rutlan Atmadiredja


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan