Analisis desain pengembangan kurikulum

Hendra Sanjaya Kusno, Dahyang Ika Leni Wijayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun desain pengembangan kurikulum Prodi Akuntansi Perpajakan yang sesuai dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di Politeknik Negeri Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yaitu, tahap Pendahuluan, tahap perencanaan dan tahap pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi terbatas (Definite). Instrumen peneltian dilakukan dengan menggunakan kuesioer. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif, yakni 𑃠= ð‘“/N × 100 % sebagai jenjang kualifikasi kriteria kelayakan untuk menyimpulkan hasil validasi. Berdasarkan hasil penelitian desain kurikulum berbasis Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), pada Program Studi Akuntansi Perpajakan dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan.


Keywords


Desain pengembangan kurikulum; merdeka belajar; akuntansi perpajakan

References


Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka†pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1).

Asmawi, M. R. (2010). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Hubs-Asia, 10(1).

Assingkily, M. S. (2020). Upaya Mewujudkan Program Kampus Merdeka pada Kurikulum PGMI STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 62-77.

Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum development in vocational and technical education. planning, content, and implementation. Allyn and Bacon, 160 Gould Street, Needham Heights, MA 02494.

Handayani, P. (2020). Model Pengembangan Kurikulum untuk Memenuhi Kebutuhan Merdeka Belajar Mahasiswa Politeknik. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 1207-1212).

Hunkins, F. P., & Ornstein, A. C. (2016). Curriculum: Foundations, principles, and issues. Pearson Education.

Istijanto, I. (2020). Kampus Merdeka: Peluang dan Tantangannya. Forum Manajemen (Vol. 34, No. 1, pp. 12-16).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. (2019). Isu - Isu Strategis dan Agenda Pembangunan RT RPJMN 2020 - 2024. Jakarta: 24 Juli 2019.

Sugiyono. 2019. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).

Wijayani, D. I. L., & Saripujiana, D. (2020). Survei Minat Studi Jurusan Akuntansi dan Kebutuhan Tenaga Kerja Akuntansi di Kalimantan Timur. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(3), 189-200.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.10134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hendra Sanjaya Kusno, Dahyang Ika Leni Wijayani


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan