Pengelolaan gula merah dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa papalang kabupaten mamuju

Authors

  • Suwanti Suwanti STIE Muhammadiyah, Mamuju.
  • Amalia Amalia STIE Muhammadiyah, Mamuju.
  • Rohsita Amalyah Rasyid STIE Muhammadiyah, Mamuju.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v18i2.10120

Keywords:

Peningkatan perekonomian masyarakat

Abstract

Kabupaten Mamuju sebagai salah satu kota yang sedang berkembang di Provinsi Sulawesi Barat, mendorong minat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk menjadikan Kabupaten Mamuju sebagai basis ekonomi mikro yang potensial dalam menghasilkan produk gula merah. Kecamatan Papalang merupakan salah satu pengrajin atau produsen gula merah di Kabupaten Mamuju khususnya di Desa Papalang. Nilai ekonomis yang tinggi yang dimiliki oleh gula merah mendorong masyarakat Desa Papalang mengelolah hasil perkebunan aren untuk diproduksi menjadi gula merah.

References

Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Produksi. Jakarta: FE-UI.

Deliarnov. 2009. Perkembangan Pemikiran Ekonomi.,Jakarta: Rajawali Pers.

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghalia. Indonesia.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka

KBBI. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kotler, Philip, dan Amstrong, Gary. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT. Indeks, Jakarta.

Mursid, M. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslimah dan Alimsyahputra. 2017. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Pengolahan Gula Aren di Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Penelitian. Vol. 4 No. 2.Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Langsa.

Partadireja, Ace. 2015. Pengantar Ekonomi. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Sholahuddin. 2007 Asas-Asas Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Staton, William J. 2002. Prinsip Pemasaran, terj. oleh Alexander Sindoro. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiarti, Murti. 2017. Dasar - dasar Ekonomi Perusahaan, Edisi II. Yogyakarta: Liberty.

Published

2021-06-08

Issue

Section

Articles