Strategi pemasaran umkm salbilla dodol salak dengan pendekatan bussiness model canvas

Cornelius Prihandoyo, Agni Ratna Dewi

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM mempunyai peranan yang sangat penting dari berbagai aspek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Salbilla Dodol Salak jika ditinjau dari aspek aspek pada Bussiness Model Canvas dan mengetahui model bisnis dalam rangka pengembangan strategi yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan pada Salbilla Dodol Salak. Dalam merumuskan Strategi, peneliti harus menggunakan sembilan building block Bussiness Model Canvas antara lain, Customes Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resource, Key Activities, Key Parnerships dan Cost Structure. Menggunakan metode kualitatif, mdeling dengan melakukan wawancara secara mendalam kemudian analisisnya menggunakan Bussiness Model Canvas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran model bisnis Salbilla Dodol Salak Saat ini sudah sangat tertinggal jika ditinjau dari aspek aspek Bussiness Model Canvas. Saran kepada Salbilla Dodol Salak yaitu sebaiknya Salbilla Dodol Salak menerapkan bisnis yang dibuat berdasarkan penelitian yang berpedoman pada teori Osterwalder & Pigneur yakni perubahan dari segi pembentukan segmentasi baru, saluran baru, penambahan nilai produk,menciptakan hubungan pelanggan secara langsung, aktivitas kunci dengan melibatkan teknologi,penempatan SDM yang kompoten serta perbaikan dari segi pencatatan keuangan.


Keywords


Bussiness model; business model canvas; strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Cv. Alfabeta.

Assauri, S. (1993). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali.

Assauri, S. (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali.

Boyd, H. W., & Larreche, J.-C. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps.

Indriastuty, N. (2017). Perilaku Konsumen. Kuningan: Nusa Litera Inspirasi.

Kismono, G. (2001). Pengantar Bisnis Edisi I Cetakan I . Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P., & Keller, L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. (2016). Marketing Management (Global Edition) 15th. Jakarta: Pearson.

LPPI, & BI. (2015). Profile Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Indonesia: Bank Indonesia.

Martha, S., & Wardhana, A. (2017). Analisis Model Bisnis Kanvas Resto Rumah Soto Padang Di BukitTinggi. e-Proceeding Of Management : vol.4, no.1 April 2017 ; ISSN : 2355-9357, 887-894.

Moleong, L. J. (2005). Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2017). Perilaku Konsumen dan Startegi Pemasaran Edisi 9 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Riswahyuni. (2013, February 1). Latar Belakang: Tentang Buah Salak. Retrieved August 1, 2017, from Cake Salak Kilo: http://www.cakesalak.com

RPJMN. (2004 - 2009). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Indonesia: Perpres No 7 Tahun 2005.

Shulz, W. J. (2001). Marketing. New York: Practice Hall, Inc.

Siregar, Z. H., & Fitria, S. E. (2016). Analisis Bisnis Model Dengan Pendekatan Business Model Canvas Terhadap Usaha Mikro Agribisnis Keramat Bey Berry Ciwidey. e-Proceeding of Management : vol.3, no.1 April 2016 ; ISSN : 2355-9357, 222-227.

Solihah, E., Hubeis, A. v., & Maulana, A. (2014). Analisis Model Bisnis Pada KNM Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Sosek KP vol.9 no.2, 185-194.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjogondokusumo, B. N., & Indriyani, R. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Restoran Yung Ho Dengan Menggunakan Business Model Canvas. AGORA, vol.4 no.2, 229-237.

Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Wonodjojo, C. D., & Indriyani, R. (2017). Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Ayam Goreng Sinar Pemuda Pusat. AGORA vol.5 no. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.