Analisis Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

Meiki Permana

Abstract


Aktifitas manusia yang dilakukan sehari-hari, baik pada dimensi ekonomi maupun pada dimensi sosial, selalu berdampak pada dimensi lingkungan hidup. Konsep pembangunan berkelanjutan, hadir untuk mencoba menjelaskan fenomena tersebut. Penelitian ini menganalisa pengaruh pembangunan dengan wawasan lingkungan yang direfleksikan oleh persentase anggaran pendapatan belanja daerah untuk lingkungan hidup, persentase rumah tangga dengan sumber air minum layak, persentase rumah tangga yang sanitasi layak, terhadap indeks pembangunan manusia dan indeks kualitas lingkungan hidup. Pada penelitian ini juga di analisis moderasi rasio gini terhadap hubungan indeks pembangunan manusia terhadap indeks kualitas lingkungan hidup di Indonesia, periode tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan sumber data utama berasal dari publikasi Biro Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembangunan dengan wawasan lingkungan berpengaruh signifikan dan positif terhadap indeks pembangunan manusia dan pembangunan dengan wawasan lingkungan berpengaruh signifikan dan negatif terhadap indeks kualitas lingkungan hidup, dan rasio gini memoderasi secara signifikan hubungan antara indeks pembangunan manusia terhadap indeks kualitas lingkungan hidup.


Keywords


Pembangunan berkelanjutan; pembangunan dengan wawasan lingkungan; rasio gini; indeks pembangunan manusia; indeks kualitas lingkungan hidup

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik/BPS Statistics Indonesia, ENVIRONMENT STATISTICS OF INDONESIA 2016

Budimanta, A.(2005),Memberlanjutkan Pembangunan di Perkotaan melalui Pembangunan Berkelanjutan dalam Bunga Rampai Pembangunan Kota Indonesia dalam Abad 2.(tanggal 17 November 2015)

Brundtland Report, 1987, Our Common Future. Oxford : Oxford University Press

Djajadiningrat, S.T. (1992) Konsep Pembangunan Berkelanjutan dalam Membangun Tanpa Merusak Lingkungan. Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup

Fauzi, A. (2014). Valuasi Ekonomi dan Penilaian Kerusakan Sumber daya Alam dan lingkungan. Bogor: IPB press

IUCN, UNEP dan WWF (1993) Bumi, Wahana Strategi Menuju Kehidupan yang Berkelanjutan. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2014). Status lingkungan hidup Indonesia 2014. Diperoleh tanggal 2 Mei 2015 dari www.indonesia. go.id/../266-kementerian-lingkungan-hidup. html.

Meadows, D. H., Meadows, D. L., Randers, J., and Behrens III, W. W. (1972). The limit to growth. New York: Universe Book.

Sugandi,dkk.(2007).Prinsip dasar kebijakan pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.Jakarta:PT Bumi Aksara.

World Commision on Sustainable Development (WCED). 1987. Our Common Future. New York: Oxford University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.