Pengaruh electronic word of mouth, brand image, brand trust terhadap keputusan penggunaan jasa ojek online go-jek di samarinda

Muhammad Aries Firnanda, Asnawati Asnawati

Abstract


Transportasi online berbasis aplikasi sedang berkembang pesaat di dunia termasuk kota-kota besar di Indonesia tak terkecuali kota Samarinda. Salah satu pelaku usaha transportasi berbasis aplikasi di Indonesia adalah GO-JEK. Tujuan penelitian adalah untuk mengatahui pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Brand Trust terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online GO-JEK dengan mengambil populasi masyarakat  kota Samarinda dengan metode yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan kriteria pernah menggunakan jasa GO-JEK di Samarinda minimal satu kali. Metode Analisis Data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel  (3,573>2,003) dengan signifikansi 0,01<0,05. Brand Image berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel  (0,598<2,003) dan signifikansi (0,552>0,05). Brand Trust berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel  (3,333>2,003) dengan signifikansi 0,02<0,05


Keywords


Electronic word of mouth; brand image; brand trust; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Delgado, E., Munuera, J.L. and Yague, M.J. 2003. Development and validation of a brand trust scale, International Journal of Market Research, Vol.45 No.1, pp. 35-54.

Strategy. 11th edition. McGraw-Hill,Irwin

Ferinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hawkins,Delbert & Mothersbaugh, David. 2010. Consumer Behaviour- building Marketing

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran edisi ketiga belas jilid 1, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip.1991. Manajemen Pemasaran edisi kelima belas jilid 1, Jakarta: Erlangga

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslie Lazar.2008. Perilaku Konsumen.Jakarta: Indeks

Susanto, A.B. dan Wijarnako, Himawan. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Bandung: Quantum Bisnis & Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.