Manajemen sumber daya insani dalam perspektif ekonomi islam: tinjauan manajemen SDM dalam bisnis islami

Norvadewi Norvadewi

Abstract


Manajemen memegang peranan penting dalam keberhasilan pengelolaan organisasi atau perusahaan. Manajemen sebagai produk peradaban manusia bukanlah sesuatu yang bebas nilai karena di dalamnya terkandung norma-norma agama dan nilai-nilai keadilan. Islam sebagai salah satu agama yang dianut oleh sebagian besar rakyat Indonesia telah memberikan warna kepada setiap aspek kehidupan pemeluknya tidak terkecuali dalam kehidupan ekonomi. Dalam manajemen, manusia menjadi faktor produksi yang sangat penting bagi perusahaan/organisasi. Manajemen sumber daya insani dalam Islam mengacu pada apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang didasarkan pada konsep Islam mengenai manusia itu sendiri bahwa manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah sehingga segala kegiatan manusia harus merupakan bentuk ibadah dan manusia adalah khalifatullah fil ardhi. Kedua hal ini menjadikan manusia sebagai subjek dalam kehidupan termasuk dalam kehidupan ekonomi/bisnis. Manajemen sumber daya insani bertanggung jawab untuk membentuk SDM yang kafa’ah (profesional), amanah (terpercaya) dan himmatul amal (semangat kerja).


Keywords


Manajemen SDM; bisnis islami

Full Text:

PDF

References


Al Hasan, Fahadil Amin dan Muhammad Irfan Maulana, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Insani di Lembaga Keuangan Syariah Dalam Menghadapi Persaingan Global dalam Sosio Didaktika, Social Science Education Journal 3 (1) tahun 2016, UIN Jakarta.

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa, 2009, Manajemen Bisnis Syariah, Bandung : Alfabeta.

Antonio, Muhammad Syafii, 2012, Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW “The Super Leader Super Manager’, Jakarta : Tazkia Publishing.

Fauzia, Ika Yunia dan Abdul Kadir Riyadi, 2014, Prinsip Dasar Ekonomi Islam, Perspektif Maqashid al-Syari’ah, Jakarta : Prenadamedia Grup.

Gomes, Faustino Cordoso, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Andi Offset

Hafidhuddin, Didin, dan Hendri Tanjung, 2003, Manajemen Syariah dalam Praktik, Jaakrta : Gema Insani Press

Handoko, T. Hani, 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Jusmaliani, 2011, Pengelolaan Sumber Daya Insani, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Muhammad, 2008, Ekonomi Syariah, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Norvadewi, Profesionalisme Bisnis dalam Islam, dalam Mazahib, Jurnal Pemikiran Hukum Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Samarinda, Vol. XIV, No. 2, Desember 2014.

Rahman, Afzalur, 1995, Doktrin Ekonomi Islam Jilid 1, Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf.

Rivai, Veithzal, 2009, Islamic Human Capital, Jakarta : Rajawali Pers.

Robbins, Stephen P dan Mary Coulter, 2010, Manajemen, edisi 10 jilid I, Jakarta : Erlangga

Sinn, Ahmad Ibrahim Abu, 2008, Manajemen Syariah, Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer, Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Solihin, Ismail, 2009, Pengantar Manajemen, Jakarta : Erlangga

Sukirno, Sadono, dkk, 2011, Pengantar Bisnis, Jakarta : Kencana.

Sunyoto, Agus, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Penerbit IPWI

Suripto, Teguh, Manajemen SDM Dalam Perspektif Ekonomi Islam : Tinjauan Manajemen SDM Dalam Industri Bisnis, dalam Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Vol. II No. 2, Desember 2012.

Wijayanto, Dian, 2012, Pengantar Manajemen, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma, 2002, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta : Gema Insani Press.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.