Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa universitas kutai kartanegara (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis)

Dinda Chornia Ilahi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara. penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoleh dengan penyebaran kuisioner kepada 276 responden. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis mulai tahun akademik 2010/2011 sampa dengan tahun akademik 2016/2017, yaitu sebanyak 882 mahasiswa. sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 276 mahasiswa. metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional sampling dan convenience sampling yaitu pemilihan anggota populasi yang mudah ditemui dan dimintai informasi. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SmartPLS 3.0. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan Dosen dan kualitas pelayanan karyawan. Dan Loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel kepuasan mahasiswa secara langsung. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dosen dan kualitas pelayanan karyawan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa secara langsung, ini dibuktikan dengan nilai t-statistic < t-tabel (1,96).


Keywords


Kualitas pelayanan; kepuasan mahasiswa; loyalitas mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Willy dan Hartono, Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis.Yogyakarta: Andi Offset.

Gusti, Ayu, Dewi, P. R.K. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. BPR HOKI di Kabupaten Tabanan. Tesis. Denpasar : Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Hilmawan, Made, Irvan, dan Suryani, Alit. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Studi Pada Trans Sarbagita. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol.3, No.3.

Hurriyati, R. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV.Alfabeta.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin, Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid Dua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Latan, Hengky dan Ghozali, Imam. 2012. Partial Least Square – Konsep, Teknik, dan Aplikasi Smart PLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penelitian Undip.

___________________________. 2015. Partial Least Square – Konsep, Teknik, dan Aplikasi Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penelitian Undip.

Parasuraman, Zeithaml, A.V dan Berry, L.L. 1998. Improving Service Quality in America: Lesson Learned. Journal of Retailing, Vol. 67, p. 420-450.

Owlia, M.S. dan Aspinwall, E.M. 1996. TQM in Higher Education- A Review. International Journal of Quality and Reliability Management, (Online), 14 (5), 527-543. (http://www.emerald-library.com), diakses tanggal 5 mei 2016.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yoyakarta: Andi Offset.Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia, 1998. Penerapan Sistem Kualitas Dalam Industri Jasa Berdasarkan Konsep Total Quality Service (TQS). Jurnal Usahawan, No. 10 XXVII, Oktober.

Umar, Husein, 2003, Riset pemasaran & perilaku konsumen, Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama.

Widyaratna, Theresia; Danny; dan Filicia Chandra. 2001. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris (Studi Kasus pada Ayam Penyet sebagai Menu Unggulan Warung Bu Kris). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, no. 2, September 2001, p. 85 – 95.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.