Pengaruh Pengeluaran Pemerintah pada Sektor Pendidikan dan Kesehatan serta Investasi Swasta Terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja di Kota Bontang

Ariyani Puji Hastuti, Priyagus Priyagus, Diana Lestari

Abstract


ARIYANI PUJI HASTUTI, 2020, Pengaruh Pengeluaran Pemerintah pada Sektor Pendidikan dan Kesehatan serta Investasi Swasta terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja di Kota Bontang, di bawah bimbingan Priyagus dan Diana Lestari.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengeluaran pemerintah pada sektor pendidikan, kesehatan dan investasi swasta serta variabel time terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja di Kota Bontang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam kurun waktu delapan belas tahun dari periode 2001 sampai 2018. Data yang ada diolah dengan menggunakan program computer SPSS (Stastistical Package for Social Science) versi 22.

            Hasil analisis menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah pada sektor pendidikan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja di Kota Bontang, pengeluaran pada sektor kesehatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja di Kota Bontang, investasi swasta berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja di Kota Bontang, serta variabel time yang dimisalkan menggunakan angka 0 untuk tahun pertama dan seterusnya sampai angka 17 untuk tahun 2018 berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja di Kota Bontang.


Keywords


Pengeluaran Pemerintah, Pendidikan, Kesehatan, Investasi Swasta, Variabel Time dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja

References


Badan Pusat Statistika Kota Bontang. (2018). Kota Bontang dalam Angka 2018. In The British Journal of Psychiatry (Vol. 111). https://doi.org/10.1192/bjp.111.479.1009-a

Boediono. (2012). Teori Pertumbuhan Ekonomi (Pertama). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Borgan, K. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Upah Terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Di Kota Manado. 18(01), 34–45.

Feriyanto, N. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Gani, I & Amalia, S. Alat Analisis Data Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial (Revisi). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Gujarati, D. (1993). Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Harihanto. (2017). Masalah Ketenagakerjaan Dari Teoritik-Normatif sampai Empirik-Faktual. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama.

Hasan, I. (2008). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ikhwan, & Siradjuddin. (2017). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Upah Minimun Regional (UMR) Terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja di Kota Makassar. 4(1).

Mangkoeseobroto, G. (2012). Ekonomi Publik (Ketiga). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Mulyadi, S. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan (Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Payaman, S. (1998). Penganta Ekonomi Sumber Daya Manusia (2001st ed.). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sandika, R. S., Maulida, Y., & Setiawan, D. (2014). Pengaruh Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Pelalawan. (2), 1–16.

Siagian, P. S. (2008). Administrasi Pembangunan. Jakarta: Haji Masagung.

Sri, A. R. (2014). Pengantar Kebijakan Fiskal (1st ed.; Y. Fatna, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Sukirno, S. (1996). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

________. (2006). Ekonomi Pembangunan : Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Prenada Media Group.

_________. (2010). Makroekonomi Teori Pengantar (Ketiga). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_________. (2012). Makroekonomi Teori Pengantar (Ketiga). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta.

Todaro, M. P., & C Smith, S. (2004). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga (Kedelapan). Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v5i4.8649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)