PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK DAN KESAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE IPHONE 5S DI SAMARINDA

HEVI BIANTORO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan kesan kualitas terhadap keputusan pembelian Handphone Iphone 5S Di Samarinda, dengan menggunakan alat analisis regresi berganda.   Hasil penelitian menunjukkan variabel kesadaran merek, asosiasi merek, dan kesan kualitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R sebesar 0,596 berarti bahwa terdapat hubungan yang sedang dari variabel kesadaran merek, asosiasi merek, dan kesan kualitas terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 32,60 persen hal ini menunjukkan besarnya proporsi sumbangan variabel kesadaran merek, asosiasi merek, dan kesan kualitas terhadap naik turunnya keputusan pembelian.

Keywords: Brand Awareness, Brand Association, impression of quality and Purchase Decision


References


A.B. Susanto, Himawan Wijinarko.2004. Power Branding, Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Mizan. Jakarta.

. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta. Bandung.

Assauri, Sofjan. 2009 (Dalam Elisabeth, 2012:12). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Durianto. 2004. Strategi Menaklukan Pasar. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Hermawan Kertajaya. 2004. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.

http://www.google.com/m?q=BAB%25202-08408147008.pdf&client=ms=opera-mini-android&chanel=new , diakses pada tanggal 25 Desember 2015

kotler, Philiph. 2005. Manajemen Pemasaran, (Marketing Management), alih bahasa Drs. Benyamin Malon, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Dan Keller, Kevin L. 2006. Marketing Management, Pearson International Edition. Printice Hall. Englewood. New Jersey.

Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga. Jakarta.

Manajemen Pemasaran, Edisi 11, PT. Indeks. Jakarta.

Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, PT. Indeks. Jakarta.

(Dalam Handayani, 2010:62). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Erlangga. Jakarta

Malhotra, Naresh K. 2010. Marketing Research an Applied Orientation. New Jersey: Pearson

Rahman. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Busines, Trans Media Pustaka. Jagakarsa.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Schiffman Leon dan Kanuk, Lazar Leslie. 2004. Consumer Behavior. International Edition. Printice Hall. Engelwood. New Jersey.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran Falsafah, Teori, dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Riset Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitas dan R&D, Cetakan Kesembilan. Alfabeta, cv. Bandung.

. 2010. Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung.

Sunarto. 2006. Perilaku Konsumen. AMUS. Yogyakarta.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, BPFE UGM. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. ANDI. Yogyakarta.

Brand Management & Strategy, Andi. Yogyakarta

Umar, Husein. 2010. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Winardi. 2004. Aspek-Aspek Bauran Pemasaran, Mandar Maju. Bandung.

http://www.topbrand-award.com




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v1i4.819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com