Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan Regional Antar Kabupaten/Kota Di Provinsi Kalimantan Timur

Indra Setiawan, Arfiah Busari, Akhmad Noor

Abstract


INDRA SETIAWAN 2020, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Regional Antar Kabupaten Kota Di Provinsi Kalimantan Timur, dibawah bimbingan Ibu Arfiah dan Bapak Akhmad Noor. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan pertama yaitu pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Timur dan untuk mengetahui persamaan kedua yaitu pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, Tenaga Kerja, Pengeluaran Pemerintah Terhadap Ketimpangan Regional di Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan SPSS versi 20.0 dengan menggunakan analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian persamaan pertama Investasi berpengaruh positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Tenaga Kerja berpengaruh Positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah berpengaruh positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi, dan persamaan kedua Investasi berpengaruh negatif langsung dan tidak langsung terhadap Ketimpangan Regional, Tenaga Kerja berpengaruh positif langsung dan tidak langsung terhadap Ketimpangan Regional, Pengeluaran Pemerintah berpengaruh negatif langsung dan tidak langsung terhadap Ketimpangan Regional, Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh negatif terhadap Ketimpangan Regional di kabupaten kota provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Regional, Analisis Jalur

References


Afrizal, F. (2013) Analisis Pengaruh Tingkat Investasi, Belanja Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap PDRB di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2001-2011. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.

Andiny, P. (2017) ‘Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan Terhadap’, JURNAL PENELITIAN EKONOMI AKUNTANSI (JENSI), 1(2), pp. 196–210.

Arsyad, L. (2014) ‘Ekonomi Pembangunan dan Pembangunan Ekonomi’, Ekonomi Pembangunan Berkelanjutan, pp. 1–37. Available at: http://repository.ut.ac.id/3975/1/ESPA4324-M1.pdf.

Boediono (1999) Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Fachrudin (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto Dan Kemiskinan Di Kabupaten Kota Provinsi Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman.

G.Mankiw (2003) Teori Makro Ekonomi Edisi Ke Lima. Jakarta: Erlangga.

Junaedi (2016) Analisis Pengaruh Investasi, Belanja Pemerintah, Penyerapan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin.

Kurniawan, A. (2017) ‘Dampak alokasi belanja langsung terhadap ketimpangan ekonomi wilayah ( Studi kasus Provinsi Sumatera Utara , Provinsi Jambi , dan Provinsi Bengkulu )’, Paradigma Ekonomika, 12(2), pp. 57–66.

M.L. Jhingan (2007) Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Rajawali Press.

Mangkoesoebroto (2013) Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE UGM.

Manulalang (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Cita Pustaka.

Mudrajad, K. (2006) Ekonomi Pembangunan Teori, Masalah-Masalah dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP STM YKPN.

Rosmeli (2015) ‘Dampak investasi dan tenaga kerja terhadap ketimpangan pembangunan kawasan timur indonesia’, Paradigma Ekonomika, 10(2), pp. 362–369.

Sukirno, S. (2011) Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syafrizal (2012) Ekonomi Wilayah dan Perkotaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Todaro, M. P. and Smith, S. C. (2006) Pembangunan Ekonomi (Edisi Kesembilan), Diterjemahkan oleh Drs Haris Munandar, MA dan Puji AL, SE dari Buku Economic Development Ninth Edition. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v5i4.7884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)