Pengaruh Investasi Dan Pengeluaran Pemerinta Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Serta Pengangguran Di Kalimantan Timur

Indah Ayu Hafizah, Fitriadi Mashud, Siti Amalia

Abstract


Pengaruh Investasi dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Produk Domestik Regional Bruto serta Pengangguran di Kalimantan Timur. Dibimbing oleh Bapak Fitriadi sebagai Pembimbing I dan Ibu Siti Amalia sebagai Pemimbing II.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Investasi,Pengeluaran Pemerintah, terhadapat Produk Domestik Regional Bruto, serta Pengangguran pada tahun 2009-2017 di Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan metode Studi Pustaka atau Library Research. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Path. 

Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa Investasi berpengaruh secara langsung negative signifikan terhadap PDRB, Pengeluaran Pemerintah berpengaruh secara langsung positif signifikan terhadap PDRB, Investasi berpengaruh secara langsung negative signifikan terhadap pengangguran, Pengeluaran Pemerintah berpengaruh secara langsung positif tidak signifikan terhadap pengangguran, PDRB berpengaruh secara langsung negative signifikan terhadap pengangguran, Investasi berpengaruh negative signifikan terhadap pengangguran melalui PDRB, Pengeluaran Pemerintah berpengaruh negative tidak signifikan terhadap pengangguran melalui PDRB.  


Keywords


Investasi, Pengeluaran Pemerintah, Produk domestik regional bruto dan Pengangguran.

References


Amnesi, Dance. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pendapatan Perempuan Pada Keluarga Miskin Di Kelurahan Kapal Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Bali.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Metodelogi Penelitian. Bina Aksara. Yogyakarta.

Deviyanti. (2017). Pengaruh Pendidikan Dan Jumlah Tanggungan Keluarga Terhadap Pendapatan Dan Konsumsi Di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Kalimantan Timur

Gaol, Chr. Jimmy L. (2014). A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis). Editor : Ninuk Purwanti. PT Grasindo Anggota Ikapi. Jakarta.

Iskandar, Putong. (2000). Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro. Ghalia Indonesia. Jakarta

Mantra, Ida Bagus. (2003). Demografi Umum. Pustaka Raja. Jakarta.

Noviani, Putu Aris dan Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kontribusi Perempuan Bali Pada Pendapatan Keluarga Pedagang Cenderamata Di Pasar Kumbasari. Bali.

Pracoyo, Kunawingsih, Try, Antyo Pracoyo. (2005). Aspek Dasar Ekonomi Makro di Indonesia. Grasindo. Jakarta.

Raharja, Pratama dan Mandala Manurung. (2005). Teori Eonomi Makro. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Samuelson, Paul A. Dan William D. Nordhaus. (2004). Makro ekonomi. Edisi 14. PT Gelora Aksara Pratama. Alih bahasa Haris Munandar dkk. Jakarta.

Sarwono, Jonathan. (2018). Statistik Untuk Riset Skripsi. Edisi I. CV. ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Simanjuntak, Payaman. (2001). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Soekartiwi. (2002). Faktor-faktor Produksi. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.

Trisma Wulandari, Siti Komariyah, Lilis yuliati. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Universitas Jember. Kabupaten Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v5i4.7642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)