Pengaruh Investasi dan Pengeluaran Pemerintah serta Jumlah Penduduk terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Distribusi Pendapatan Kabupaten Berau

Zuliana Zuliana, Theresia Militina

Abstract


Tujuannya untuk mengetahui dan mengidentifikasiPengaruh Investasi dan Pengeluaran Pemerintah serta Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Distribusi Pendapatan  di Kabupaten Berau baik dilihat secara langsung maupun tidak langsung. Penilitian yang dilakukan bersifat  Deskrftif kuantitatif dengan data skunder. Penggunaan data dalam penilitian dalam kurun waktu 2008 – 2017 dari Badan Pusat  Statistik Kabupaten Berau dan Dinas lainnya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Variabel Bebas/independent (X) yaitu Investasi dan Pengeluaran pemerintah serta Jumlah penduduk sedangakan Variabel terikat/dependent (Y) yaitu Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Distribusi Pendapatan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil analisis menunjukan bahwa Investasi secara langsung berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Berau, dan Pengeluaran Pemerintah tidak berpengaruh secara langsung serta Jumlah Penduduk berpengaruh secara langsung dan mempunyai nilai positif. Sedangka Investasi secara langsung memiliki pengaruh terhadap Gini Ratio di Kabupaten Berau. Pengeluaran Pemerintah secara langsung tidak memiliki pengaruh terhadap Kesenjangan Distribusi Pendapatan dilihat dari Gini Ratio di Kabupaten Berau sedangkan Jumlah Penduduk secara langsung tidak memiliki pengaruh terhadap Kesenjangan Distribusi Pendapatan di Kabupaten Berau. Pertumbuhan Ekonomi secara langsung tidak memiliki pengaruh terhadap Gini Ratio di Kabupaten Berau. Investasi secara tidak lansung melalui pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh terhadap gini ratio di Kabupten Berau. Pengeluaran Pemerintah dengan melalui pertumbuhan ekonomi juga memberikan pengaruh terhadap gini ratio sedangakan jumlah penduduk terhadap gini ratio melalui pertumbuhan ekonomi berpengaruh di kabupaten Berau 0pt; font-family:"Arial","sans-serif";mso-fareast-font-family:"MS Mincho"; mso-ansi-language:EN-US;mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language:AR-SA'>. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis)


Keywords


Investasi; Pengeluaran Pemerintah; Jumlah Penduduk; Pertumbuhan Ekonomi; Kesenjangan Distribusi Pendapatan

References


Adelman, Irma dan Cynthia T. Morris, 1973. Economic Growth dan SocialEquity in Developing Countries,Stanford University Press,California.

Abdurrachim S, 2013. “ PengaruhInvestasiSwastadanPengeluaranPemerintah Serta Tenaga KerjaTerhadapPertumbuhanEkonomidanKesempatanKerja Di KabupatenBerauâ€. Tesis,Samarinda.

Arsyad, Lincolin, 1999.Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

BadanPusatStatistik, 2018. LajuPertumbuhanEkonomiMenurutKabupatenBerau.

Baldwin, Robert E, 1986.Pembangunan danPertumbuhanEkonomi di Negara – negaraBerkembang. PT Bina Aksara, Jakarta.

Basuki K, 2008. “Analisisfaktorresikokejadian LBP pada operator tambangsebuahperusahaantambang nickel di Sulsel†Tesis.. Program studi Magister promosikesehatan Program pascasarjana. UNDIP,Semarang.

BenuOlfie L. Suzanadan Gene H.M. Kapantaw, 2014. Jurnal. Faktor –faktor yang mempengaruhiketimpanganpendapatandisulawesi Utara.

Boediono. 1981. Teori Pertumbuhan Ekonomi BPFE, Yogyakarta.

Christian EkaArianto, Sonny Sumarsono, M Adenan, 2015. PengaruhJumlahPendudukdanAngkaPegangguranTerhadapPertubuhanEkonomiKabupatenJember.Jurnal. FakultasEkonomiUniversitasJember (UNEJ),Jember.

Daryanto, 2011.ManajemenPemasaran: Sari Kuliah. Satu Nusa,Bandung

Daniel RanggaMangera, 2015. Tesis“ PengaruhInvestasiSwastadanPengeluaranPemerintahTerhadapPertumbuhanEkonomidanengangguran Di KabuptenBerauâ€.

Dumairy, 1996. Perekonomian Indonesia, Jakarta.

Emil Salim,1984 .Perencanaan Pembangunan danPemerataan. Inti Idayu Press, Jakarta.

Falianty, TelisaAulia, (2006). EndogenitasdariIndikator Optimum Currency Area :StudiEmpiris di Negara ASEAN. JurnalEkonomidan Pembangunan Indonesia Vol. VI No.02, 2006 Januarihal 1-28. Depok :Universitas Indonesia

Fulgsang S, 2013. Determinant s of IncameInequality :sus Saharan perpektive , Aarhus.

Fleisher,Belton, Haizheng Li dan Min Qiang Zhao, 2007. Human Capital Economic Growth, ang Regional Inequality in China. IZA Discussion Paper, 2703. Department of Economics, The Ohio State University.

I GustiAyuPutriWahyuni, Made Sukarsa, NyomanYuliarmi. 2014 “ PengaruhPengeluaranPemerintahdanInvestasiterhadapPertumbuhanEkonomidanKesenjanganPendapatanKabupaten Kota di Provinsi Bali†EkonomidanBisnisUniversitasUdayana. Bali.

Ghozali, Imam, 2011. Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

https:// kaltim.bps.go.id/dynamictable/2018/01/17/96/koefisien-gini-kalimantan timur-menurut-kabbupaten-kota-1996-2014.html

http://rizkie-library.blogspot.com/2015/09/teori-kependudukan-aliran

http://www.beraunews.com/ekonomi/2768-pertumbuhan-ekonomi-berau-2015-hanya-tembus-5-07-https://ekspektasia.com/pengertian-penduduk/

Kuncoro, Mudrajad, 2004. Otonomidan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, StrategidanPeluang: Erlangga,Jakarta.

Kuznets, Simon. 1955. “ECONOMIC GROWTH AND INCOME INEQUALITY*â€. The American Economic Review, VOLUME XLV MARCH, 1955 NUMBER ONE

Mamesah, D.J. 1995. SistemAdministrasiKeuangan Daerah. GramediaPustakaUtama, Jakarta.

Musfidar, Ma’mun. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketimpangan

Distribusi Pendapatan di Sulawesi Selatan Tahun 2001- 2010,FE Universitas Hasanuddin Makassar.

Nugroho, I. Dan RochiminDahuri, 2004. PembangWilayah :PrespektifEkonomi, SosialdanLingkungan: LP3ES,Jakarta.

Salim, H dan Budi Sutrisno, 2007. Hukum Investasi di Indonesia. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

SigitHartoko, 2018. Tesis“ Pengaruh Dana PerimbanganterhadappertumbuhanEkonomidankesenjanganPendapatanantarwilayah era DesentralisasiFiskal Di Indonesia.

Soenandar, Ersi S, 2005. Government Plicy In Solving Uneven RgionalDevelopment Between West and East Indonesia: Case Study and KAPET. Economic Journal, 34, pp: 171-192,Hokkaido University.

Sukirno, Sadono, 1985. “Ekonomi Pembangunan†:LPFE UI.- Bima Grafika,Jakarta.

Sukirno, Sadono, 2008. Makroekonomi Modern, Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suryono, 2000. Ekonomika Pembangunan, Jakarta PenerbitSalembaempat, Jakarta.

Syafrizal, 2012, Ekonomi Wilayah danPerkotaan:PT Raja GrafindoPersada,Jakarta.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2004. Pembangunan Ekonomi (edisikesembilan, jilid I.:Erlangga, Jakarta

Todaro, Michael P. 2000.Pembangunan Ekonomi di DuniaKetiga,Erlangga. Jakarta.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2011. Pembangunan Ekonomi (edisikesembilan, jilid I.:Erlangga, Jakarta

Tambunan, Tulus. 2001. Perekonomian Indonesia: Teori dan Temuan Empiris: Ghalia Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v5i4.7281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com