Pengaruh pelayanan syariah dan prinsip-prinsip syariah terhadap kepuasan pasien di klinik islamic center samarinda

Nellyana Nellyana, Sri Mintarti, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh Nellyana dengan judul “ Pengaruh Pelayanan Syariah dan Prinsip-Prinsip Syariah terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Islamic Center Samarinda ” dibawah bimbingan  Sri Mintarti dan Maryam Nadir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan syariah dan prinsip-prinsip syariah terhadap kepuasan pasien di Klinik Islamic Center Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dimana semua populasi dijadikan sampel yang berjumlah 51 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu program SPPS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelayanan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan pasien di Klinik Islamic Center Samarinda. (2) Prinsip-prinsip syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Klinik Islamic Center Samarinda. Adapun kontribusi dari variabel pelayanan syariah dan prinsip-prinsip syariah terhadap kepuassan pasien di Klinik Islamic Cemter Samarinda hanya 71,1% sedangkan sisanya 28,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Keywords


Pelayanan Syariah;Prinsip-Prinsip Syariah;Kepuasan Pasien

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bustami. (2011). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Chollisni, A., & Damayanti, K. (2016). Analisis Maqashid Al-Syari’ah Dalam Keputusan Konsumen Memilih Hunian Islami Pada Perumahan Vila Ilhami Tangerang, 7(1).

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Erawati, E. (2010). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa.

Fahmi, A., Siswanto, A., Farid, M. F., & Arijulmanana. (2014). HRD Syariah : Teori dan Implementasi. (Abdurrahman, Ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fauzia, I. Y. (2013). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kenacan Prenada Media Group.

Firdaus, F. A. (2018). Analisis Preferensi Masyarakat terhadap Maqashid Syariah Islamiyah yang Diterapkan pada Rumah Sakit Islam di Surabaya, 5(3).

Freddy, R. (2004). Riset Pemasaran (Cetakan Ke). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hafid, H. P. (2016). Pengaruh Pelayanan dengan Prinsip-Prinsip Syariah terhadap Kepuasan Pasien pada RS Ibnu Sina Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Hasanah, U. (2018). Hubungan Waktu Tunggu dan Caring Bidan dengan Kepuasa Ibu Hamil pada Pemeriksaan Antenatal Care di Klinik Islamic Center Kota Samarinda. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Indeks.

Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IMB SPSS 22.0) (Cetakan Ke). Bandung: ALFABETA, cv.

Mukisi. (2017). Pedoman Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Syariah dan Indikator Mutu Wajib Syariah. Jakarta: MUKISI.

Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Oktasari, D. M. (2015). Implementasi kepmen pan no. 63 tahun 2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan publik di kantor Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, 3(63), 1345–1346.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Sabarguna, B. S. (2009). Buku Pegangan Mahasiswa Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto.

Saladin, D. (2003). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.

Siregar, S. (2010). Statistik Desktiptif untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (MIxed Methods). Bandung: ALFABETA, cv.

Sulistiadi, W., & Rahayu, S. (2016). Potensi penerapan maqashid syariah dalam rumah sakit syariah di indonesia.

Sunawi. (2012). Konsep Pelayanan Islam di Rumah Sakit Islam Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syakuro, A. A. (2010). Pengaruh Peningkatan Pelayanan dengan Prinsip-Prinsip Syariah pada Rumah Sakit Islam terhadap Kepuasan Pelanggan; Studi Kasus pada RSI Sultan Agung Semarang. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa (Edisi ke 3). Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com