Hubungan kontingensi antara faktor ekonomi dan sosial terhadap mobilitas sirkuler penduduk kelurahan gunung kelua kecamatan samarinda ulu kota samarinda

Handikayani Handikayani, Michael Michael, Diana Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pendapatan, tingkat pendidikan, usia dan jarak terhadap mobilitas sirkuler Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Landasan teori yang digunakan teori Kependudukan. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat melalui Kuesioner dan dianalisis menggunakan Chi Square dengan menggunakan Tabel Kontingensi dua dimensi. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah Snowball Sampling. Uji instrumen penelitian yang digunakan adalah Uji Validitas Eksternal dan Uji Reliabilitas dan program SPSS (Statistical Program For Science) versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan dependensi yang signifikan diantaranya variabel pendapatan, tingkat pendidikan dan jarak terhadap variabel mobilitas sirkuler. Ada hubungan dependensi antara variabel usia dan variabel mobilitas sirkuler namun tidak signifikan. Ada hubungan asosiasi yang signifikan antara variabel pendapatan, tingkat pendidikan dan jarak terhadap mobilitas sirkuler. Ada hubungan asosiasi antara variabel usia dan variabel mobilitas sirkuler namun tidak signifikan.


Keywords


Pendapatan; tingkat pendidikan; usia; jarak; mobilitas sirkuler

Full Text:

PDF

References


Afrilliyana, Neli Eka. 2012. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Keputusan Untuk Melakukan Mobilitas Antar Sektor Di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur. Kalimantan Timur. Skripsi S1.

Agusta, Aris. 2013. Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Mobilitas Penduduk Ke Desa Kota Bangun Dua Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Bangun. eJournal Pemerintahan, 2013, 1 (2): 862 – 874.

Ananta, Aris. 1995. Transisi Kependudukan di Indonesia: Beberapa Masalah dan Prospek Perekonomian. UI : Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Rineka Cipta : Jakarta.

Ekes, Bang. 2016. Hubungan Antara Faktor Sosial Ekonomi dan Migrasi di Kecamatan Palaran. Skripsi S1.

Giyarsih, Sri Rum. 1999. Mobilitas Penduduk Daerah Pinggiran Kota Di Dusun Kadipiro dan Dusun Sidorejo Desa Ngestiharjo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Jurnal Majalah Geografi Indonesia. Volume 13 No.2.

Guntoro, Dibyo Waskito. 2016. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penduduk Melakukan Migrasi Internal Di Indonesia :Yogyakarta. Skripsi S1.

Handriawan, Budi. 2011. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penduduk Melakukan Mobilitas Non Permanen Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di Malaysia. Skripsi S1. Universitas Negeri Semarang : Semarang.

Lucas, D,McDonald, P. Young C. 1990. Pengantar Kependudukan (Terjemahan),UGM : Yogyakarta.

Mantra, Prof Ida Bagoes. 2003. Demografi Umum Pustaka Belajar : Yogyakarta.

Monografi Kelurahan Gunung Kelua 2016. Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu.

Munir, Rozy. 2010. Dasar – Dasar Demografi, Edisi 2. Salemba Empat : Jakarta.

Puspitasari, Ayu Wulan. 2010. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Migrasi Sirkuler Ke Kabupaten Semarang. Skripsi S1. Universitas Diponegoro : Semarang.

Puspitosari, Popy. 2013. Kajian Mobilitas Penduduk Sirkuler Di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Jurnal S1 Pendidikan Geografi : Sidoarjo.

Rahdanni, M. 2012. Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Mobilitas Migran di Kota Samarinda. Skripsi S1. Universitas Mulawarman : Samarinda.

Revenstein, E. G. 1889. The Law of Migration. Journal of The Royal Statistical Society. June, L. 11.

Salama, Astrid dkk. 2017. Karakteristik Tenaga Kerja Pelaku Mobilitas Sirkuler Di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Agri-SosioEkonomi Unsrat, ISSN 1907-4298, Volume 13 No.1 A.

Salim, Abbas. 2006. Manajemen Transportasi. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Slyde, Mitchel J. 1961. The Causes of Labour Migration. Migrant Labour in Africa Soutj of The Sahara. Abidjan : C.C.T.A.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta.

Suharto, Rachmad Budi. 2011. Analisis Demografi. Center for Society Studies :Jember.

Sukirno, Sadono. 1985. Ekonomi Pembangunan (Proses, Masalah dan Dasar Kebijaksanaan). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI dengan Bima Grafika : Jakarta.

Sumaatmadja, N. 1981. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisis Keruangan.Alumni : Bandung.

Tarigan, Wenna Monica BR. 2017. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Masuk Risen Di Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi S1.

Villantina, Dina. 2008. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Migrasi Ke Kecamatan Pedurungan. Skripsi S1 (tidak dipublikasikan) FE UNDIP: Semarang.

Wahyuni, Sri. 2014. Studi Tentang Mobilitas Penduduk Di Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 2 (1) 2014 : 1889 – 1901.

Walii, Fiqih Nuruddin dan Sukamdi. 2009. Perubahan Pola Mobilitas Penduduk Kabupaten Bangkalan Ke Kota Surabaya (Kasus Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan) :Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Zellinsky, W. 1971. The Hipothesis of The MobilityTransition, (dalam Geographical Review. No. 2).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i4.3875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com