Analisis sektor ekonomi basis dan non basis

Sidik Sudarsono, Fitriadi Fitriadi, Nurjanana Nurjanana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa sektor ekonomi basis dan non basis, dan pergeseran struktur ekonomi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dari tahun 2004 – 2013 (10) tahun. Pada penelitian ini menggunakan alat analisis Location Quotient, dan Shift Share. Hasil analisis  Sektor basis di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah sektor Pertanian, Pertambangan, dan Bangunan sedangkan Sektor non basis adalah sektor Industri Pengolahan,  Listrik, Gas dan Air Bersih, Perdagangan, Hotel dan Restoran, Pengangkutan, Keuangan, dan Jasa-Jasa.  Shift Share menunjukkan bahwa struktur perekonomian Kabupaten Kutai Kartanegara Berdasarkan analisis Shift Share, sektor yang memiliki laju pertumbuhan yang cepat dalam pergeseran sektor adalah sektor pertanian, pertambangan, listrik, gas, dan air bersih, bangunan, perdagangan, hotel dan restoran, pengangkutan dan komunikasi, keuangan, dan jasa-jasa. sedangkan sektor yang merupakan sektor kompetitif yaitu: Industri Pengolahan, Listrik, Gas dan Air Bersih, Bangunan, Perdagangan, Hotel dan Restoran, Jasa-Jasa.

Keywords


Sektor ekonomi; basis dan non basis

References


Badan Pusat Statistik, Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2004-2013, BPS Kabupaten Kutai Kartanegara.

Badan Pusat Statistik, Produk Domestik Regional Bruto Propinsi Kalimantan Timur tahun 2004-2013, BPS Kalimantan Timur.

Budiharsono, Sugeng 2005. Teknik Analisis Pembangunan Woilayah Pesisir dan Lautan, Cetakan Kedua. Pradnya Paramita. Jakarta.

Glasson, J. 1977. Pengantar Perencanaan Regional. Terjemahan Paul Sitohang . Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Hilal Almulaibari, 2009, Analisis Penentu Sektor Unggulan Perekonomian Wilayah Kabupaten Aceh Utara dengan Pendekatan Sektor pembentuk PDRB.

Kuncoro Mudrajad, 2001. Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah dan kebijakan, Cetakan Pertama, Unit Penerbitan dan Percetakan Akademi Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Muhammad Gufron. 2008. Analisis Pembangunan Wilayah Berbasis Sektor Unggulan Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur.

Ostinasia Tindaon, Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektoral di Jawa Tengah. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Pranata, Erfin W. 2004 Analisis Sektor Basis Perekonomian Dalam Pembangunan Wilayah Di era Otonomi Daerah. Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Richardson, Harry W. 1985. Dasar – dasar Ilmu Ekonomi Regional. Lembaga Penerbit FE-UI. Jakarta.

Sadono Sukirno, 1994. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sahara, 2004. Modul Kuliah Ekonomi Regional. Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Bogor.

Sjafrijal, 2008. Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi, Baduose Media, Cetakan Pertama, Padang.

Taringan, Robinson, 2004a, Ekonomi Regional, Bumi Aksara, Jakarta.

Teguh Hadi Wijaya, 2017, Analisis Perbedaan Struktur Ekonomi Kota Balikpapan dan Kota Bontang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

Usya, Nurlatifa. 2006. Analisis Struktur Ekonomi dan Identifikasi Sektor Unggulan Di Kabupaten Subang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v2i4.2469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.