Pengaruh investasi swasta dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja

Luhfiatur Rohmah, Warsilan Warsilan, Siti Amalia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  Pengaruh signifikan investasi swasta dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan alat analisis jalur (path analisys) yaitu suatu teknikuntuk mengestimasi  dampak dari serangkaian variabel bebas terhadap variabel tidak bebas dari serangkaian hubungan (korelasi) yang teramati, dimana diduga terdapat hubungan sebab akibat asimetris diantara variabel tersebut, selain itu juga dibantu dengan sistem komputerisasi yang menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Investasi Swasta tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda, pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda, investasi swasta tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda, pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda, pertumbuhan ekonomi tidah berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda, investasi swasta melalui pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda,pengeluaran pemerintah melalui pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda

 

 


Keywords


Investasi swasta; pengeluaran pemerintah; pertumbuhan ekonomi; penyerapan tenaga kerja

References


Arsyad, Lincolin, 2005. Pengantar Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah,Edisi, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2008. Analisis Perkembangan Statistik Ketenagakerjaan (Laporan Sosial Indonesia 2007). Jakarta: Badan Pusat Statistik

Hakim, Abdul. 2002. Ekonomi Pembangunan. Edisi Pertama, EKONISIA, Yogyakarta.

Harjiono, Gatot Setio. 2011. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Investasi Terhadap Kesempajan Kerja Melalui Pertumbuhan Ekonomi, Universitas Udayana, Bali.

Humiang, Maikel dan Vekie Rumate dan Steeve Tumangkeng. 2013. Analisis Pengaruh Investasi Swasta, Belanja Modal, Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Manado, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Mankiw, Gregory, N. 2003. Teori Makroekonomi, Edisi Kelima, Erlangga, New York and Basingstoke.

Raharjo, Adi. 2006. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Investasi Swata dan Angkatan Kerja Terhadap Petumbuhan Ekonomi di Kota Semarang, Universitas Dipenogoro, Semarang.

Ridwan dan Engkos, 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis), Alphabeta, Bandung.

Rinaldi, Rafli. 2013. Analisis Pengaruh Konsumsi Pemerintah, Investasi swasta dan Angkatan Kerja Terhadap Pertumnuhan Ekonomi Regional Di Provinsi Jawa Timur, Universitas Brawijaya, Malang.

Rosyidi, Suherman. 2006. Pengantar Teori Ekonomi, Edisi revisi 7, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sianturi, Antoni. 2009. Pengaruh Investasi dan Konsumsi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Industri Di Sumatera Utara,universita Sumatera Utara, Medan.

Sukirno, Sadono. Makroekonomi Modern, edisi 1, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.Mangkoesoebroto, Guritho. 2010. Ekonomi Publik. Yogyakarta :BPFE.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sember Daya Manusia dan Ketenagakerjaan, Edisi Pertama, Yogyakarta : Penerbit Garaha Ilmu.

Suparmoko, 2009. Pengantar Ekonomika Makro, Edisi 4, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Syahramdani, didik nur. 2014. Pengaruh Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Tenaga Kerja di Provinsi Kalimantan Timur, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan investasi Teori dan Aplikasi, Edisi Pertama Kanisius, Yogyakarta.

Wahyuni, I Gusti Ayu Putri dan Made Sukarsa dan Nyoman Yuliarmi.2014. PengaruhPemerintah dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Pendapatan Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 3.8 (2014): 458-447.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v2i4.2466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.