Pemberdayaan perempuan dalam rangka penguatan kemandirian perekonomian desa di Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara

Yana Ulfah

Abstract


Pemberdayaan perempuan adalah upaya pemampuan perempuan untuk memperoleh akses dan kontrol terhadap sumber daya, ekonomi, politik, sosial, budaya, agar perempuan dapat mengatur diri dan meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah, sehingga mampu membangun kemampuan dan konsep diri. Kemandirian Ekonomi Desa diartikan sebagai desa yang memiliki ketahanan ekonomi terhadap berbaga macam krisis dan tidak bergantung pada pemerintahan provinsi dan/atau pemerintahan kabupaten/kota. Untuk mendukung pengembangan industrialisasi perdesaan yang yang berorientasi pemenuhan kebutuhan pasar domestik ataupun pasar luar, peran perempuan melalui kegiatan PKK di setiap desa diharapkan dapat meningkatkan kemandirian perekonomian desa. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan Dalam Rangka Penguatan Kemandirian Perekonomian Desa di Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartenegara. Beberapa program yang dapat ditawarkan untuk pemberdayaan perempuan, yaitu: Penguatan organisasi kelompok perempuan di segala tingkat mulai dari kampung hingga nasional. Seperti misalnya PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), perkumpulan koperasi maupun yayasan sosial. Penguatan kelembagaan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan lembaga agar dapat berperan aktif sebagai perencana, pelaksana, maupun pengontrol.

Keywords


Pemberdayaan perempuan; kemandirian perekonomian desa

References


Nugraha, Mahendra Adi. 2014. Analisis Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Implikasinya bagi Kemandirian Ekonomi. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang. Universitas Brawijaya.

Nugroho. 2008. Gender dan Administrasi Publik Studi tentang Kualitas Kesetaraan dalam Administrasi Publik Indonesia Pasca Reformasi 1998-2002. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prijono, O.S., dan Pranarka, A.M.W. 1996. Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: CSIS.

Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaringan Pengaman Sosial. Jakrta: Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyani, A.T. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suharto, Edi. 2003. Pembangunan Kebijakan dan Kesejahteraan Sosial. Bandung: Mizan.

Zakiyah. 2010. Pemberdayaan Perempuan oleh Lajnah Wanita. Jurnal Pengkajian Masalah Sosial Keagamaan, No.XVII.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i2.13862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yana Ulfah


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com