Pengoptimalan digital marketing untuk meningkatkan penjualan kampung amplang di kota Samarinda melalui platform Shopee

Irsan Tricahyadinata, Alma Argriphi Ardhia Pramesti Wijaya, Amalia Nur, Ekinda Famelia Prisca, Nurmawati Nurmawati, Zulfah Marwa Nabila

Abstract


Perkembangan bisnis saat ini sudah sangat berkembang pesat, UMKM harus mengikuti kemajuan teknologi informasi dengan tujuan untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Kemajuan teknologi informasi adalah dengan melakukan penjualan online. Memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya, Shopee juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Kampung Amplang UD Taufik Jaya Makmur adalah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. UMKM Kampung Amplang UD Taufik Jaya Makmur memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha baru yang bersifat online. Pada kegiatan ini solusi yang diberikan dalam menyelesaikan permasalahan UMKM Kampung Amplang UD Taufik Jaya Makmur dengan upaya pengembangan usaha berbasis teknologi melalui pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada pemilik toko amplang. Hasil setelah melakukan kegiatan yang diterapkan pada UMKM Kampung Amplang UD Taufik Jaya Makmur berjalan dengan lancar. Perubahan setelah diadakannya kegiatan yang pada awalnya para sasaran hanya melakukan promosi secara offline, mereka dapat memasarkan produknya secara online melalui platform shopee yang telah mereka buat serta memperoleh pasar yang bertambah luas.


Keywords


Digital Marketing; UMKM; Shopee

Full Text:

PDF

References


Nurseto, T. (2004). Strategi menumbuhkan wirausaha kecil menengah yang tangguh. Jurnal ekonomi dan

pendidikan, 1(1).

Nuslih, J. S. E. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing pada pengerajin Tahu Bungkeng Kabupaten

Sumedang. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 67-88.

Rohmah, N. S. I., & Ashlihah, A. (2021). Pengaruh Digital Marketing Training Terhadap Kemandirian Dan Entrepreneurship Knowledge Curiosity Dikalangan Mahasiswa Unwaha. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(2), 41-48.

Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.

Wardhana, A. (2015, April). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp. 327-337).

Ghozali, M. Al, & Hakim, A. K. (2023). Pengoptimalan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Desa Sumberagung melalui Platform Shopee. 4(1).




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irsan Tricahyadinata, Alma Argriphi Ardhia Pramesti Wijaya, Amalia Nur, Ekinda Famelia Prisca, Nurmawati Nurmawati, Zulfah Marwa Nabila


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com