Dampak eksternalitas infrastruktur hijau terhadap masyarakat

Juliansyah Roy, Destyasry Nur Ramadhana Putri, Muhammad Dody Pradana, Taruna Adi Samudra, Kharisma Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksternalitas dari adanya Infrastruktur Hijau Taman Samarendah yang terletak di Kota Samarinda, responden dalam penelitian ini adalah pengujung dan pelaku UMKM yang merasakan dampak dari adanya Infrastruktur Hijau Taman Samarendah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya eksternalitas positif dan negatif yang meliputi pengunjung, masyarakat, dan pelaku UMKM. Dari Aspek sosial, positifnya yaitu, sebagai tempat rekreasi, bersantai melepas penat bersama teman sembari bencengkrama, mengambil gambar, bermain, berolahraga. Dampak negatifnya yaitu, banyak masyarakat dari alumni SMAN 1 Samarinda dan SMPN 1 Samarinda merasa kurang puas ataupun keberatan atas dibangunnya Taman Samarendah ini karena harus merobohkan bangunan yang cukup bersejarah. Dan jalan yang mengelilingi Taman Samarendah pun berkualitas rendah, sehingga membuat struktur jalan menjadi bergelombang. Dari aspek ekonomi yaitu, terciptanya lapangan usaha yang menyerap tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar, dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.


Keywords


Eksternalitas; infrastruktur hijau; aspek ekonomi; aspek sosial

References


Veronica, V (2015, October). Eksternalitas Industri Batu Bara Terhadap Sosial Ekonomi di Kecamatan Tenayan Raya. www.neliti.com, https://www.neliti.com/publications/122484/.

Angelina, I., R. (2010) Infrastruktur sebagai Barang Publik dan Kredit Perbankan. http://repository.unika.ac.id/14245/.

Ambariani, B., & Nasir, M. (2018). EKSTERNALITAS INFRASTRUKTUR HIJAU (STUDI

KASUS: TAMAN SARI DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, vol. 3, no. 4, hlm. 759–66. www.jim.unsyiah.ac.id, http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKP/article/view/10635.

Nurdin, Siti., S. & Silvia, V. (2019, Agustus) EKSTERNALITAS POSITIF OBJEK WISATA (STUDI KASUS PANTAI LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, vol. 4, no. 2, hlm. 132–40. www.jim.unsyiah.ac.id, http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKP/article/view/12197.

Times, I. D. N., dan IDN Times Hyperlocal. “Samarendah, Taman Indah Ikon Kota Samarinda di Kaltim.” IDN Times, https://kaltim.idntimes.com/travel/destination/idn- times-hyperlocal/samarendah-taman-indah-ikon-kota-samarinda-di-kaltim. Diakses 5

November 2022.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i2.13523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Juliansyah Roy, Destyasry Nur Ramadhana Putri, Muhammad Dody Pradana, Taruna Adi Samudra, Kharisma Akbar


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com