Pengaruh mobilitas ojek online terhadap eksistensi ojek konvensional di kota Samarinda

Juliansyah Roy, Yuli Yani, Agustria Supiasty, Agusniati Agusniati, Antung Berlianti, Isna Wulandari

Abstract


Ojek merupakan alat transportasi yang dapat ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Semakin berkembangnya zaman, teknologi terus mengalami peningkatan dan merasuk ke setiap bidang, termasuk transportasi. Sekarang ini, jasa transportasi sudah bertransformasi menjadi lebih canggih, pemesanan jasanya dapat hanya dilakukan melalui gadget, atau jasa ini disebut sebagai ojek online. Dengan banyaknya manfaat yang diciptakan di ojek online, sehingga dari sini terciptalah persaingan antar ojek online dengan ojek konvensional. Pengurangan pendapatan oleh ojek konvensional menjadi masalah utama persaingan itu.Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Penelitian kasus ini dilakukan dengan cara mewawancarai beberapa orang yang berprofesi sebagai ojek online dan konvensional serta masyarakat yang menggunakan jasa transportasi tersebut.Eksistensi ojek konvensional terancam. Faktor lain yang menjadi penyebab pudarnya eksistensi ialah, dari segi harga, fasilitas yang memadai, kemudahan, dan jaminan yang ditawarkan baik bagi penumpang maupun pengendara ojek online, serta gengsi masyarakat untuk menggunakan ojek konvensional. Upaya saat ini yang dilakukan hanyalah ojek online tidak boleh mangkal di halte-halte. Para pengendara ojek konvensional berharap adanya kebijakan dari pemerintah melalui Dinas Perhubungan memberikan kebijakan pembatasan terhadap ojek online agar tidak memonopoli bidang jasa

Keywords


Ojek online; ojek konvensional; kebijakan; transportasi; teknologi; eksistensi

Full Text:

PDF

References


Hendita Doni Prasetya, M. L. (t.thn.). RASIONALITAS OJEK KONVENSIONAL DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI.

Kiki Setiyorini, G. H. (2018). PERSAINGAN OJEK ONLINEDENGAN OJEK KONVENSIONAL DI STASIUN LEMPUYANGAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Sosiologi Pendidikan Humanis, 29-35.

Mega Putri Watung, D. C. (2020). ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN OJEK KONVENSIONAL DAN OJEK ONLINE DI KOTA MANADO. Berkah Ilmiah Efisiensi.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Juliansyah Roy, Yuli Yani, Agustria Supiasty, Agusniati Agusniati, Antung Berlianti, Isna Wulandari


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com