Milenial melek finansial “mengenal pajak lebih dekatâ€

Eka Febriani

Abstract


Penerimaan pajak selalu diharapkan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Penerimaan negara yang besar, memudahkan pemerintah untuk memberikan fasilitas umum yang lebih baik untuk masyarakat. Agar penerimaan negara di sektor perpajakan dapat meningkat, maka pemerintah perlu meingkatan kepatuhan wajib pajak. Kepatuhan wajib pajak merupakan Tindakan wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya (Ananda, Kumadji, & Husaini; 2015). Kepatuhan wajib pajak dapat ditingkatkan dengan cara sosialisasi dan pengetahuan tentang perpajakan wajib pajak (Banamtuan, 2018). Kaum muda saat ini merupakan sumber daya manusia masa depan sekaligus merupakan wajib pajak masa depan pula. Literasi tentang perpajakan sangat perlu ditanamkan sejak dini agar pemahaman tentang penting dan manfaat dari aspek perpajakan bisa lebih cepat dipahami pula bahkan sebelum menjadi wajib pajak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk sosialisasi yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak. Tujuan dari kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan ppemahaman pajak kepada kaum muda agar stigma masyarakat yang sering berfikir bahwa pajak hanya memberatkan wajib pajak, bisa hilang setelah mengenal besarnya manfaat pajak yang sebenarnya dari kita dan untuk kita sendiri.


Keywords


Milenial; mengenal pajak

References


Ananda, P.R.D., Kumadji, S. & Husaini, A. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Pemahaman Perpajkan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada UMKM yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratam Batu). Jurna Perpajakan (JEJAK). Vol. 6 No. 2. 1-9.

Banamtuna, O. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan WPOP dalam Pemenuhan Kewajiban PPh 21. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA). Vol. 3 No. 2. 1-10.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.




DOI: https://doi.org/10.29264/.v1i1.11287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDIMU