Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening (studi kasus iklan produk perawatan kecantikan wardah)

Maya Anggraeni, Asnawati Asnawati

Abstract


Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yaitu berasal dari mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis reguler jenjang S1 universitas mulawarman yang pernah menyaksikan/melihat iklan produk perawatan kecantikan wardah dalam waktu dua bulan terakhir. Metode yang digunakan adalah non probability sampling dan sampling insidental. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persamaan struktur-1 : Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai P-value 0,000**<a (0,05), maka secara parsial memiliki pengaruh signifikan variabel daya tarik terhadap brand image pada produk perawatan kecantikan wardah. Nilai P-value 0,000** <a (0,05), maka secara parsial memiliki pengaruh signifikan variabel kredibilitas terhadap brand image pada produk perawatan kecantikan wardah.  Persamaan struktur-2 :Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai P-value 0,000** <a (0,05), maka secara parsial memiliki pengaruh signifikan variabel daya tarik terhadap purchase intention pada produk perawatan kecantikan wardah. Nilai P-value 0,000** <a (0,05), maka secara parsial memiliki pengaruh signifikan variabel kredibilitas terhadap purchase intention pada produk perawatan kecantikan wardah. Nilai P-value 0,003 <a (0,05), maka secara parsial memiliki pengaruh signifikan variabel brand image terhadap purchase intention pada produk perawatan kecantikan wardah.


Keywords


Celebrity endorsement; brand image; purchase intention

Full Text:

PDF

References


Arifin, S. 2010. Pengaruh Celebrity Endorser Ridho Rhoma dan Rhoma Irama Terhadap Minat Membeli Kartu AS, Skripsi Tidak Dipublikasikan, Malang: Program Studi Sarjana Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arista, D.E dan Astusti, S.R.T. 2011. Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Vol. 13. No. 1.

Asri, Marwan. 1991. Marketing.Unit penerbit dan percetakan AMP YKPN. Yogyakarta.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE - Yogyakarta.

Ferrinadewi, Erna.2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakata.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

______. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hapsari, A,P. 2008. Analisis Perbandingan Penggunaan Celebrity Endorser Dan Typical-Person Endorser Iklan Televisi Dan Hubungannya Dengan Brand Image Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.IX, No.1.

Hartini, Sri. 2012. Perilaku Pembelian Smartphone: Analisis Brand Equity dan Brand Attachment. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol 3. No 1. pp. 75-86.

Haryantana, I.P.G.H dan Ekawati, N.W. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 9.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2008. Manajeman Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta.

. 2007. Manajemen Pemasaran. Jl. 1, Edisi 12. PT. Indeks, Kelompok Gramedia.

. 2008. Manajemen Pemasaran edisi kedua belas, jilid 2. Penerbit Indeks. Jakarta.

. 2009. Manajemen Pemasaran edisi kedua belas, jilid 1. Penerbit PT Indeks. Jakarta.

. 2009. Manajemen Pemasaran edisi Ketiga belas, jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management. New York: Prentice Hall Ptr.

.1999. Manajemen Pemasaran edisi keenam, jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler Philip dan Armstrong Gary. 2001. Prinsip- prinsip pemasaran edisi kedelapan, jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lestari, P.N, 2012. Pengaruh Iklan, Brand Trust, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen WiGo 4G WiMax PT Berca Hardayaperkasa di Kota Balikpapan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Morissan. 2007. Periklanan dan komunikasi pemasaran terpadu. Penerbit Ramdina Prakasa. Jakarta.

Nurani, B.T. Pengaruh Celebrity Endorser Media Iklan Terhadap Brand Image Shampoo (Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Depok). Jurnal Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma.

Peter J. Paul dan Olson Jerry C. 1999. Consumen Behavior, perilaku konsumen dan strategi pemasara, edisi keempat. Erlangga. Jakarta.

Prabowo, Y.W, Suharyono dan Sunarti.(2014). Pengaruh Celelebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pengunjung 3Second Store Dijalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 14. No.2.

Prof. Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Pujadi, Bambang. 2010. Studi Tentang Pengaruh Cita Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang). Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universtas Diponegoro, Semarang.

Rahman, M. S., Haque, M., & Khan, A. H. 2012. A conceptual study on consumers puchase intention of broadband services: service quality and experience economy perspective. Interna-tional Journal Of Business And Management, 7(18), 115-129.

Riduwan., Rusyana, Adun dan Enas. 2011. Cara Mudag Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Riduwan dan Engkos. (2012). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur. Alfabeta. Bandung.

Ristiyanti Prasetijo, Dra. MBA – Jhon J.O.I Ihwalauw, Prof. Ph.D. 2004. Perilaku konsumen. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Royan, Frans M. 2005. Marketing Selebriting. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Samadi, M.Y. Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Kasus Valentino Rossi Sebagai Celebrity Endorser Produk Yamaha Mio GT Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Sari, D.P. Pengaruh Celebrity Endorser Ayu Ting Ting Dalam Iklan Televisi Terhadap Brand Image Produk Mie Sarimi. Jurnal Jurusan Manajemen STIE MDP.

Schiffman, L. dan Kanuk, L. L. 2000. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. PT Indeks. Jakarta.

. 2004. Perilaku konsumen edisi ketujuh. Indeks. Jakarta.

Shimp, Terence. A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Kelima, Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Soderlund, M., and Ohman, N. 2003. Behavioral Intentions in Satisfaction Research Revisited. Journal of Consumer Satisfation, Dissatisfaction and Complaining Behavior, Vol.16.

Sonwalkar, J., Manohar K., and Pathak A. 2011. Celebrity Impact- A model of Celebrity Endorsement, Journal of Marketing and Communication, 7(1).

Stephanie, Elysia. 2013. Pengaruh kredibilitas endorser terhadap minat beli melalui sikap atas iklan pada produk shampo L’oreal di surabaya. Jurnal ilmiah mahasiswa universitas surabaya. Vol. 2. No. 2

Sugiarto, Y.S. 2012. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Mie Sedaap ( Studi Kasus Pada Iklan Mie Sedaap dengan Celebrity Endorser Edwin Lau ). Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW Salatiga.

Susanto, A.B dan Wijanarko, Himawan. 2004. Power Branding. Quantum Bisnis dan Manajemen. Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Wahyuni, N.L.G dan Suparna, Gede. Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Produk Tas Tiruan di Kota Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.