Peran pesantren dalam pembentukan karakter santri pada masa pandemi covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.9902Keywords:
Pondok, pesantren, karakterAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (i) Mendeskripsikan peran pesantren untuk membentuk karakter santri dalam menghadapi tantangan kehidupan sekarang. (ii) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendorong dalam pembentukan karakter santri (iii) Meneliti karakter santri di lingkungan pondok pesantren. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan alat pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang kemudian di olah dan di analisis hingga di peroleh suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pondok pesantren baitul burhan kabupaten karawang telah menjalankan peranannya dalam membentuk karakter santrinya. yaitu adanya pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kegiatan belajar-mengajar. Seperti mengaji kitab ta’limul muta’alim, akhlaqul banain, dan kitab-kitab akhlak lainnya. Meskipun terkadang belum berjalan secara efektif, karena memiliki beberapa faktor penghambat dalam membentuk karakter santri diantaranya faktor kemajuan teknologi, adanya pengaruh buruk dari teman-temannya serta masih ada santri yang terkadang sulit di atur, hal tersebut sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seorang guru dalam membimbing santrinya di pondok pesantren baitul burhan kabupaten karawang.
References
Ahmad Hamdani, dkk. (2019). peran keluarga dalam ketahanan dan konsepsi REVOLUSI MENTAL PERSPEKTIF AL-QUR`AN. In Ahmad Tholabi Kharlie (Ed.), Africa’s potential for the ecological intensification of agriculture (ke 1, Vol. 53). LPTQ Provinsi Banten.
Ahmad Muthohar, A. (2007). Ideologi Pendidikan Pesantren.
Madjid, N. (2010). Bilik-bilik Pesantren (Issue Icmi).
Meta Agustina, Sugiatno, N., & Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. (2020). PERAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI. Journal of Chemical Information and Modeling.
Saepuddin. (2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali. In Antimicrobial Agents and Chemotherapy (Vol. 58, Issue 12).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-19). ALFABETA, CV.
Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: LEMBAGA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER Imam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 61–82.
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.