Peran pesantren dalam pembentukan karakter santri pada masa pandemi covid-19

Authors

  • Ramdani Ramdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Rukajat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yayat Herdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.9902

Keywords:

Pondok, pesantren, karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) Mendeskripsikan peran pesantren untuk membentuk karakter santri dalam menghadapi tantangan kehidupan sekarang. (ii) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendorong dalam pembentukan karakter santri (iii) Meneliti karakter santri di lingkungan pondok pesantren. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan alat pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang kemudian di olah dan di analisis hingga di peroleh suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pondok pesantren baitul burhan kabupaten karawang telah menjalankan peranannya dalam membentuk karakter santrinya. yaitu adanya pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kegiatan belajar-mengajar. Seperti mengaji kitab ta’limul muta’alim, akhlaqul banain, dan kitab-kitab akhlak lainnya. Meskipun terkadang belum berjalan secara efektif, karena memiliki beberapa faktor penghambat dalam membentuk karakter santri diantaranya faktor kemajuan teknologi, adanya pengaruh buruk dari teman-temannya serta masih ada santri yang terkadang sulit di atur, hal tersebut sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seorang guru dalam membimbing santrinya di pondok pesantren baitul burhan kabupaten karawang.

References

Ahmad Hamdani, dkk. (2019). peran keluarga dalam ketahanan dan konsepsi REVOLUSI MENTAL PERSPEKTIF AL-QUR`AN. In Ahmad Tholabi Kharlie (Ed.), Africa’s potential for the ecological intensification of agriculture (ke 1, Vol. 53). LPTQ Provinsi Banten.

Ahmad Muthohar, A. (2007). Ideologi Pendidikan Pesantren.

Madjid, N. (2010). Bilik-bilik Pesantren (Issue Icmi).

Meta Agustina, Sugiatno, N., & Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. (2020). PERAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI. Journal of Chemical Information and Modeling.

Saepuddin. (2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali. In Antimicrobial Agents and Chemotherapy (Vol. 58, Issue 12).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-19). ALFABETA, CV.

Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: LEMBAGA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER Imam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 61–82.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159

Published

2021-09-29

How to Cite

Ramdani, R., Rukajat, A., & Herdiana, Y. (2021). Peran pesantren dalam pembentukan karakter santri pada masa pandemi covid-19. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(3), 483–491. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.9902

Issue

Section

Articles