Elemen service quality yang berdampak pada kepuasan pelanggan

Nur Binti Suarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan pada J&T Express Cabang Kecamatan Sumbesari. Penelitian ini deskriptif kuantitatif. Data primer diperoleh dari penyebaran secara langsung kuesioner kepada para pelanggan J&T Express Cabang Kecamatan Sumbesari. Pengambilan sampel kepada para responden dengan sebanyak 60 responden. Data lainnya didapatkan dengan cara melalui observasi dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis yang digunakan dengan deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepuasan pembelian pada jasa J&T Express Cabang Kecamatan Sumbesari adalah variabel independen hasilnya yaitu variabel Responsiveness dan Emphaty sepenuhnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel Tangible , Reliability , dan Assurance tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada produk jasa J&T Express Cabang Kecamatan Sumbersari.


Keywords


Tangible; reliability; responsiveness; assurance; emphaty ; kepuasan pelanggan

References


Aprilianto, Yoni. 2019. Pengaruh Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dimediasi oleh Customer Satisfaction (Studi pada Pengguna J&T Express di Purworejo). Volatilitas, 1(6).

Cronin & Steven, 1992. Pengaruh Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dimediasi oleh Customer Satisfaction (Studi pada Pengguna J&T Express di Purworejo). Volatilitas, 1 (6).

Fortuna, Ilmia, Joko Widodo & Sri Wahyuni. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Lumajang (Studi Kasus pada J&T Express jalan Veteran Ruko Royal Regency No. R-7 Lumajang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14, (2).

Ghozali, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Globat JET Express (J&T) Suarabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8 (7).

Hidayat, Iqbal Arief. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan J&T Express di Purwerejo). Volalitas, 1 (6).

Kotler, Alma, 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan: studi kasus pada J&T agen Panyileukan Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2018.

Kotler & Keller, 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan: studi kasus pada J&T agen Panyileukan Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2018.

Kotler &Amstrong, 2018. Pengaruh Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dimediasi oleh Customer Satisfaction (Studi pada Pengguna J&T Express di Purworejo). Volatilitas, 1 (6).




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.9686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Binti Suarti


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja