Strategi komunikasi pemasaran layanan securities crowdfunding dalam menarik minat masyarakat untuk berinvestasi di sektor ukm

Gigih Prahastoro, Firdaus Yuni Dharta, Rastri Kusumaningrum

Abstract


Artikel ini membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran dalam salah satu perusahaan rintisan teknologi berbasis securities crowdfunding. Securities crowdfunding atau SCF merupakan sebuah skema investasi baru yang berfokus untuk mendanai sector usaha kecil dan menengah (UKM), pada dasarnya skema investasi yang ada di SCF sama seperti investasi yang ada di bursa efek Indonesia (BEI) perbedaanya hanya terdapat di dalam jenis emitennya saja jika di dalam BEI emiten yang terdaftar adalah emiten yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar lain halnya dalam SCF, emiten yanb terdaftar di SCF adalah emiten yang memiliki kapitasasi pasar yang relative kecil. Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan teori integrated marketing communication (IMC) dari Kotler and Armstrong, dalam teori tersebut terdapat 7 elemen penting dalam aktivitas pemasaran yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Publisitas, Penjualan Personal, Pemasaran Langsung, dan Media Interaktif, dan Event and Experience. Ketujuh elemen ini jika dikombinasikan dengan baik akan menciptakan suatu aktivitas pemasaran yang efektif dan efisien, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh publik.


Keywords


UKM; investasi; securities crowdfunding

References


Dr. Redi Panuju, M. (2019). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yusuf Amrozi, M. (2018). BUKU BUNGA RAMPAI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dr. Redi Panuju, M. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Firmansyah, Muhammad. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran.

Sulaksanna. (2003). Komunikasi Pemasaran. Dalam Erlangga, Komunikasi Pemasaran.

Morrisan. (2019). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Gruop.

Mclver, C. (2017). Pemasaran Jasa-Jasa Keuangan. Jakarta: PT Bina Aksara Jakarta.

Ramadhan, R. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Finance . Skripsi, 26-27.

Anastasya. (2020, 06 02). Integrated Marketing Communication : Pengertian, Contoh Penerapan. Retrieved from Colaborative Network: https://ngalup.co/articles/integrated-marketing-communication/

Bisnis.com. (2021, Maret 19). Survei BI : 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19. Retrieved from Bisnis.com.

CNBC Indonesia. (2021, 01 01). CNBC Indonesia Bisnis. Retrieved from CNBN Indonesia: cnbcindonesia.com

Ismail, I. (2021, Februari 3). Integrated Marketing Communication untuk Strategi Pemasaran yang Lebih Maksimal, Ini Penjelasannya! Retrieved from Acurrate: https://accurate.id/marketing-manajemen/integrated-marketing-communication/

kajianpustaka.com. (2020). pengertian bauran komunikasi pemasaran. Retrieved from kajian pustaka.

KONTAN.CO.ID. (2021, January 24). Yuk Intip Perluasan Layanan Urun Dana, Kenali Pula Peluang dan Risikonya. Retrieved from Kontan Bisnis: https://insight.kontan.co.id/news/yuk-intip-perluasan-layanan-urun-dana-kenali-pula-peluang-dan-risikonya

Kredit Pedia. (2020, 01 11). Mengenal Crowdfunding. Retrieved from kreditpedia.com: https://www.kreditpedia.net/mengenal-crowdfunding/

Okezone.com. (2021, Maret 12). Minat Masyarakat Investasi Pasar Modal Masih Rendah, Kenapa Ya? Diambil kembali dari Okefinance: https://economy.okezone.com/read/2021/03/12/278/2376563/minat-masyarakat-investasi-pasar-modal-masih-rendah-kenapa-ya

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2021). SECURITIES CROWDFUNDING SEBAGAI ALTERNATIF PENDANAAN UMKM. Retrieved from Otoritas Jasa Keuangan: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/30676

Republika.co.id. (2019, 01 21). Peran investor domestik. Retrieved from Republika berita ekonomi: https://republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/19/01/21/plo0cj370-peran-investor-domestik-signifikan-pertahankan-ihsg

Sulaksanna. (2003). Komunikasi Pemasaran. In Erlangga, Komunikasi Pemasaran.

Syafnidawaty. (2020, November 10). Observasi. Retrieved 7 Mei 2021, from Universitas Raharja Journal: https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/

UKMIndonesia.id. (2020, 12 1). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. Retrieved from https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62#:~:text=Secara%20gabungan%2C%20skala%20kegiatan%20ekonomi,UMKM%20adalah%20sekitar%20Rp8160%20trilyun!




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.9651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gigih Prahastoro, Firdaus Yuni Dharta, Rastri Kusumaningrum


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja