Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek ades di yogyakarta

Anggraeni Pratama Indrianto

Abstract


Pengkajian ini ditujukan untuk meneliti pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Ades. Accidental sampling dipilih sebagai teknik samplingnya karena memiliki tolak ukur: pernah membeli AMDK Ades sebelumnya berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang dipilih yaitu analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis memerlukan uji F secara simultan dan uji t secara parsial. Dan hasilnya menunjukkan bahwa 3 variabel independen yang dipilih (Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga) secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan signifikansi 0.000 < 0.005. Dan nilai R Square yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 0.627, artinya 62.7% Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek, kualitas produk dan harga serta sisanya yaitu 37.3% (100% - 62.7% = 37.3%) dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti. Kemudian untuk hasil penelitian secara parsial, variabel independen yang terdiri dari Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga bernilai positif dan signifikan.


Keywords


Citra merek; kualitas produk; harga; keputusan pembelian

References


Amron. (2018). Buying Decision in the Consumers of Automatic Motorcycle in Yogyakarta, Indonesia. Journal of Marketing Management, 6(1), 90–96.

Budiharja, R. G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2).

Effendi, S., & Tukiran. (2014). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Foster, B. (2016). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis†(Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1–11.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, A. V., Linawati, Pranandito, D., & Kartono, R. (2019). The Determinant Factors of E-Commerce Purchase Decision in Jakarta and Tangerang. Binus Business Review, 10(1), 21–29.

Havidz, H. B. H., Mahaputra, M. R., & Ilhamalimy, R. R. (2021). Model of Purchasing Decision and Customer Satisfaction: Analysis of Brand Image and Product Quality (Marketing Management Literature Review). Dijefa, 1(6).

Juhaeri. (2018). The Influence of Brand Image, Service Quality, Price Perception, and Trust on the Purchase Decision of Welding Workshop Welding www.kanopirumah.com. Pinisi Discretion Review, 2(1), 17–24.

Kenning, L. V. R. P. (2014). Employer Brand Trust And Affect : Linking Brand Personality To Employer Brand Attractiveness. European Journal Of Marketing, 48(1–2), 218–236. https://doi.org/http://doi.org/10.1108/Ejm-02-2012-

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Murty, D., & Imroatul, K. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600ml di Semarang. Universitas Diponegoro.

Ningsih, F., Nas, S., & Syabrus, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Riau). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–8.

Pramudita, B. A. (2020). Studi Nielsen: Perubahan New Normal Ciptakan Tantangan Baru. Retrieved from wartaekonomi.co.id website: https://www.wartaekonomi.co.id/read293016/studi-nielsen-perubahan-new-normal-ciptakan-tantangan-baru

Rachmawaty, M., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image terhadap Minat Beli AMDK Ades (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan ADES di Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).

Santoso, D., Larasati, N. A., & Fathony, R. A. (2013). Persepsi Guru Pembimbing Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Ppl Uny Di Smk Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(4).

Santoso, & Tjiptono. (2011). Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Cakrawala Citramega. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(1).

Widjaja, A., & Kunto, Y. S. (2014). Analisa Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk AMDK. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.

Wijaya, A. P., & Annisa, I. T. (2020). The Influence of Brand Image, Brand Trust and Product Packaging Information on Purchasing Decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(1), 24–35. https://doi.org/doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v18i1.3077




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.9614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anggraeni Pratama Indrianto


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja