Pemberian kompensasi sebagai tolak ukur semangat kerja karyawan

Meilisa Diastuti

Abstract


Persaingan dunia usaha yang semakin tinggi menuntut banyak perusahaan untuk selalu memperhatikan hak karyawannya. Pemberian kompensasi merupakan hak mutlak yang harus diterima karyawan sebagai balas jasa atas kerja kerasnya. Dengan adanya pemberian kompensasi tentunya para karyawan akan lebih giat dan semangat dalam bekerja. Pemberian kompensasi antar karyawan tentu saja nilainya tidak sama. Hal ini karena pemberian kompensasi diukur berdasarkan tingkatan dan juga kinerja masing-masing karyawan. Permasalah yang sering muncul yaitu ketidakterbukaan perusahaan dalam memberikan kompensasi pada setiap karyawannya. Bahkan terkadang kompensasi diberikan secara diskriminasi. Hal itu tentu saja, akan memberikan pengaruh buruk terhadap semangat dan kinerja karyawan kedepannya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan studi literatur yang bersumber dari buku, jurnal, internet, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwasannya pemberian kompensasi harus dilakukan sesuai dengan kerja keras para karyawan. Pemberian kompensasi juga akan berpengaruh dalam kinerja karyawan, artinya pemberian kompensasi yang sesuai akan membuat para karyawan semangat dalam bekerja.


Keywords


Kompensasi; karyawan; semangat kerja

References


Furchan, Arif dan Agus Maimun. 2005. Studi Tokoh : Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kasmir. 2016. Manjemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers. Ed.1, Cet.1.

Leon A, dkk. 2020. Human Capital Management. Yayasan Kita Menulis, Cet.1.

Aria Mulyapradana, dkk.2020. “Pengaruh Pemberian Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Hotel Dafam Kota Pekalonganâ€. Jurnal Sekretari dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika Vol4, No 1.

Dinus Kenelak, dkk. 2016. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Di Kabupaten Jaya Wijayaâ€. Jurnal Administrasi Bisnis.

Edrick Leonardo dan Fransisca Andreani. 2015. “Pengaruh Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kopanitiaâ€. Jurnal AGORA Vo.3, No.2.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.9608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Meilisa Diastuti


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja