Pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai pada dinas komunikasi informatika dan statistik kabupaten bima

Agus Rahmawati, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner, teknik skor yang digunakan dalam kuesioner penelitian ini adalah skala Likert. Populasi yang digunakan yaitu seluruh Pegawai Dinas Komunikasi Informatika dan statistik Kabupaten Bima yang berjumlah 53 orang pegawai dengan sampel penelitian yaitu seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima sebanyak 37 orang pegawai dengan sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) kuesioner, (3) wawancara, dan (4) studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabiltas, regresi linear sederhana, kofesian korelasi, uji determinasi dan uji t (uji t dua pihak). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di ambil kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai pada kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima.


Keywords


Pengawasan; disiplin kerja; pegawai

References


Effendi, Usman. 2014. Asas Manajemen. Jakarta: Rajawali pers.

Fitrianingrum, E. 2015. Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada kantor Kecematan Samarinda Ulu Kota Samarinda. eJurnal Administrasi Negara Volume 3 Nomor 5.

Ghozali,I. 2011. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasibuan, M.S.P .2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan 18, Jakarta: Bumi Aksara.

Jisiani A. B. Sigar, Sofia A. P. Sambul dan Sandra Asaloei. 2018. Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Hotel Sintesa Peninsula Manado. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 6 Nomor 3

Nurbudiwati. 2018. Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut. Jurnal of Knowledge Management Volume 12 Nomor 1.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan dari Teori Praktik . Jakarta: PT Raja. Grafindo.

Siagian, S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.9485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agus Rahmawati, Muhammad Yusuf


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja