Pengaruh pandemi covid-19 terhadap pengeluaran bulanan mahasiswa di Jakarta

Anastasia Andini, Angeline Jeannifer Hendi, Injelita Maharani, Kezia Senkwen Vema Ruku, Talita Angelia Susiani Purba, Sri Hapsari Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pandemi covid-19 terhadap pengeluaran bulanan mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi Ekonomi Pembangunan, angkatan 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis di salah satu universitas swasta di Jakarta, kebutuhan apa yang mengalami perubahan paling signifikan karena pengaruh pandemi covid-19, dan bagaimana mahasiswa mengelola pengeluaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran google form kepada responden sebanyak 65 orang. Pertanyaan dalam kuesioner menyangkut pertanyaan terbuka dan tertutup. Pertanyaan terbuka dihitung frekuensi jawabannya dalam bentuk persentase, sedangkan pertanyaan tertutup diolah secara deskriptif kualititaf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi covid-19 berdampak sangat tinggi terhadap pengeluaran bulanan mahasiswa. Hal ini ditandai dengan menurunnya jumlah uang saku, perubahan sumber pendapatan uang saku, dan perubahan pengeluaran mahasiswa yang cukup signifikan. Kebutuhan yang mengalami perubahan paling nyata adalah transportasi. Maka berbagai cara yang dapat dilakukan mahasiswa dalam mengelola pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan selama pandemi adalah membuat skala prioritas, membuat daftar kebutuhan, dan mencoba memulai bisnis.


Keywords


Covid-19; pengeluaran bulanan; uang saku; mahasiswa

References


Kammawati, A., Subekti, N.P., Yusida, E., dan Prastiwi,L.F. 2021. Perubahan

Produktivitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jambura Economic Education Journal, 3(1), 45-51.

Laily, N. 2013. Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Mahasiswa

dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business

Education, 1(4), 9

Leibenstein, H. 1950. Bandwagon, Snob, and Veblen Effects in the Theory of Consumers' Demand. The Quarterly Journal of Economics.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi, 3rd ed, Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, R. S. (2020). Ini Alasan WHO Memberi Nama Resmi Covid-19 untuk

Virus Corona. URL: https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/12/063200865/ini-alasan-who-memberinama-resmi-covid-19-untuk-virus-corona?page=all. Diakses tanggal 25 November 2020.

Sukroni, M. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kecerdasan Spiritual pada Pengelolaan Keuangan Mahasiswa di Surabaya. Disertasi. STIE PERBANAS.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.9321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anastasia Andini, Angeline Jeannifer Hendi, Injelita Maharani, Kezia Senkwen Vema Ruku, Talita Angelia Susiani Purba, Sri Hapsari Wijayanti


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja