Analisis penggunaan aplikasi bpjstku mobile dalam upaya meningkatkan kemudahan masyarakat pekerja

Authors

  • Ana Riyanti Universitas Tidar
  • Hanung Eka Atmaja Universitas Tidar, Magelang.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v18i1.8994

Keywords:

BPJSTKU mobile, efektivitas, kemudahan

Abstract

Teknologi informasi merupakan suatu sistem yang sangat bermanfaat untuk suatu organisasi atau perusahaa. Penggunaan sistem sebagai fasilitas yang diberikan oleh perusahaan dengan tujuan agar lebih efektif dan mempermudah peserta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas kemudahan masyarakat pekerja dalam menggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile di BPJS Ketenagakerjaan KC Cilacap. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, pengukuran menggunakan skala guttman, sample sebanyak 50 orang dengan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan dekriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi BPJSTKU Mobile telah berhasil dalam memberikan kemudahan masyarakat pekerja dan sebagian besar peserta sudah mengeggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile untuk mengakses informasi BPJS Ketenagakerjaan KC Cilacap.

Author Biography

Ana Riyanti, Universitas Tidar

universitas tidar magelang program studi S1 Manajemen 2017

References

Amijaya, Gilang Rizky. 2010. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Minat Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA)â€. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.

Bambang,Tri Cahyono.1983. Manjemen Industri Kecil. Yogyakarta: Penerbit Liberty

Gibson, J.L, Ivancevich, J.M, & Donelly, J.H., Jr 1997. Organizations, Business, Structure, Process (8^th ed) MA: Irwin, Boston. 25-26

Istiarni,Panggih Rizki Dwi. 2014.â€Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia)â€. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung

Ravianto J. 2014. Produktivitas dan Pengukuran, Jakarta. Binaman Aksara, Hal:11

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi.2008.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wikipedia, Teknologi Informasi. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_indormasi (diakses pada tanggal 1 juni 2020)

https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/page/cilacap.html (diakses pada tanggal 25 Mei 2020)

Published

2021-02-04

How to Cite

Riyanti, A., & Atmaja, H. E. (2021). Analisis penggunaan aplikasi bpjstku mobile dalam upaya meningkatkan kemudahan masyarakat pekerja. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(1), 8–14. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i1.8994

Issue

Section

Articles