Analisis penjualan online ditengah pandemi covid-19

Authors

  • Taufikurrahman Taufikurrahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.8550

Keywords:

Covid-19, penjualan online, produk fashion, strategi

Abstract

Teknologi terus berkembang setiap tahunnya. Munculnya pandemi covid-19 membuat masyarakat mencoba usaha menjual produk online melalui internet. Hal tersebut memberikan dampak dan pengaruh bagi pelaku usaha online yang sudah memulai usahanya sejak pandemi belum mewabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi para pelaku usaha online lama untuk bertahan ditengah gempuran pelaku usaha baru yang masuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian yaitu pihak yang menjual produk fashion secara online sebanyak 3 orang dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pemilihannya. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan secara online, ditemukan dari ketiga narasumber yang mempunyai usaha online produk fashion sama-sama menemukan permasalahan yang hampir mirip dengan pelaku usaha lainnya, mulai dari penurunan pembeli, penurunan pendapatan, hingga banyak pesaing baru yang bermunculan semenjak pandemi Covid-19 menyebar. Meskipun memiliki masalah yang serupa, setiap narasumber memiliki strategi yang berbeda untuk mempertahankan usahanya supaya tidak mengalami kerugian yang menyebabkan usaha mereka harus tutup.

References

Wawan Wardiana. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. http://eprints.rclis.org/6534/. (Diakses : 06 November 2020)

Welianto, Ari. (2020). Manusia sebagai Makhluk Ekonomi dan Cirinya. https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/07/153000069/manusia-sebagai-makhluk-ekonomi-dan-cirinya. (Diakses : Kamis 05 November 2020)

KBBI DARING. (2019). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/jual%20beli. (Diakses : Kamis, 05 November 2020)

Puspitasari, Alif Diah. (2020). Analisis Peningkatan Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Media Sosial ditengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri.

Mursid, Fauziah. (2020). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 175,5 Juta. https://republika.co.id/berita/qhgibx335/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1755-juta-jiw. (Diakses : 05 November 2020)

KBBI DARING. (2019). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis. (Diakses : 06 November 2020)

Safitri Juanita. (2011). Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online. Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom

Dwinanda, Reiny. (2020). Virus Corona dan Cocid-19, Apa Bedanya?. https://www.msn.com/idid/berita/teknologidansains/virus-corona-dan-covid-19-apa-bedanya/ar-BB10O0MS. (Diakses : 06 November 2020)

Anggito, Albi & Setiawan, J.. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Jejak, Sukabumi Jawa Barat

Published

2021-09-29

How to Cite

Taufikurrahman, T. (2021). Analisis penjualan online ditengah pandemi covid-19. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(3), 440–445. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.8550

Issue

Section

Articles