Analisis penjualan online ditengah pandemi covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.8550Keywords:
Covid-19, penjualan online, produk fashion, strategiAbstract
Teknologi terus berkembang setiap tahunnya. Munculnya pandemi covid-19 membuat masyarakat mencoba usaha menjual produk online melalui internet. Hal tersebut memberikan dampak dan pengaruh bagi pelaku usaha online yang sudah memulai usahanya sejak pandemi belum mewabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi para pelaku usaha online lama untuk bertahan ditengah gempuran pelaku usaha baru yang masuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian yaitu pihak yang menjual produk fashion secara online sebanyak 3 orang dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pemilihannya. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan secara online, ditemukan dari ketiga narasumber yang mempunyai usaha online produk fashion sama-sama menemukan permasalahan yang hampir mirip dengan pelaku usaha lainnya, mulai dari penurunan pembeli, penurunan pendapatan, hingga banyak pesaing baru yang bermunculan semenjak pandemi Covid-19 menyebar. Meskipun memiliki masalah yang serupa, setiap narasumber memiliki strategi yang berbeda untuk mempertahankan usahanya supaya tidak mengalami kerugian yang menyebabkan usaha mereka harus tutup.
References
Wawan Wardiana. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. http://eprints.rclis.org/6534/. (Diakses : 06 November 2020)
Welianto, Ari. (2020). Manusia sebagai Makhluk Ekonomi dan Cirinya. https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/07/153000069/manusia-sebagai-makhluk-ekonomi-dan-cirinya. (Diakses : Kamis 05 November 2020)
KBBI DARING. (2019). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/jual%20beli. (Diakses : Kamis, 05 November 2020)
Puspitasari, Alif Diah. (2020). Analisis Peningkatan Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Media Sosial ditengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri.
Mursid, Fauziah. (2020). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 175,5 Juta. https://republika.co.id/berita/qhgibx335/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1755-juta-jiw. (Diakses : 05 November 2020)
KBBI DARING. (2019). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis. (Diakses : 06 November 2020)
Safitri Juanita. (2011). Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online. Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom
Dwinanda, Reiny. (2020). Virus Corona dan Cocid-19, Apa Bedanya?. https://www.msn.com/idid/berita/teknologidansains/virus-corona-dan-covid-19-apa-bedanya/ar-BB10O0MS. (Diakses : 06 November 2020)
Anggito, Albi & Setiawan, J.. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Jejak, Sukabumi Jawa Barat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.