Pengaruh jumlah reach halaman facebook bps kaltim terhadap jumlah respon sensus penduduk online 2020
Abstract
Sensus penduduk online 2020 menjadi sensus online pertama yang dilaksanakan BPS. Untuk mensukseskan sensus tersebut BPS Provinsi Kalimantan Timur Melakukan sosialisasi menggunakan halaman Facebook agar dapat meningkatkan respon rate. Pada penelitian ini peneliti ingin melihat hubungan antara jumlah reach halaman Facebook BPS Kaltim terhadap jumlah respon sensus penduduk online di Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari output halaman Facebook BPSKaltim dan website monitoring sensus penduduk online 2020. Peneliti menggunakan regresi non linier untuk melakukan analisis dengan melihat sebaran data yang tidak linier. Berdasarkan output SPSS didapatkan bahwa regresi power menjadi model terbaik untuk melihat hubungan antara variable x dan y. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah ð‘¦Ì‚ = 187,114 +X0,212. Sehingga temuan dari penelitian ini adalah jumlah reach halaman Facebook secara signifikan mempengaruhi jumlah respon sensus penduduk online. Selain itu deadline waktu sensus juga meningkatkan jumlah respon sensus. Berdasarkan temuan penelitian, Badan Pusat Statistik dapat meningkatkan sosialisasi kegiatan survei/sensus di halaman Facebook untuk meningkatkan respon rate.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprinta, G. (2016). Pemanfaatan Facebook Ads Untuk meningkatkan Brand Awareness pada Produk Lokal. Jurnal The Messenger, 8(1), 68. https://doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.310
Draper, N. Smith, H. (1992). Analisis regresi terapan. Gramedia Pustaka Utama.
Ghazali, Z. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Dakwah Dalam Masyarakat Virtual. Jurnal Al-Muttaqin, 85–90.
Gujarati, D. . (2006). Dasar-Dasar Ekonometrika Jilid 1. Penerbit Erlangga.
Hidayat, S., Suryantoro, H., & Wiratama, J. (2017). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Perkembangan E–Commerce Di Indonesia. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 415. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1165
Marta, R. (2015). Penggunaan Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Kain Tenun Songket Silungkang. Masyarakat Telematika Dan Informasi, 147–160.
Muttaqin, Z. (2012). Facebook Marketing Dalam Komunikasi Pemasaran Modern. Teknologi, 1(2), 103–109. https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.63
Nurudin. (2018). Media sosial baru dan munculnya Braggadocian Behavior di masyarakat. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 25–36. http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/download/5335/3894
Sudjana, P. D. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. PT. Tarsito.
Utomo, S. B., Addiansyah, M. N. R., & Fikri, A. I. (2020). Kebijakan Sensus Penduduk Online: Integrasi Kepentingan Elit dan Massa. Politea, 3(1), 98. https://doi.org/10.21043/politea.v3i1.7507
DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.8526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Haidir Magribi
Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: Kinerja