Pengaruh kualitas pelayanan bimbingan online terhadap kepuasan bimbingan asimilasi covid-19 di balai pemasyarakatan pekanbaru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v18i1.8210

Keywords:

Bimbingan asimilasi covid-19, bimbingan online

Abstract

Sejak diumumkan pada bulan desember 2019, virus Corona (Covid-19) mempengaruhi pelayanan bimbingan terhadap warga binaan pemasyarakatan yang sedang melakukan program asimilasi dan reintegrasi sosial. Perubahan tersebut berdampak pada sistem pembimbingan secara langsung atau konvensional menjadi Bimbingan secara online atau virtual dengan menggunakan media komunikasi. Klien asimilasi covid-19 diwajibkan melaporkan diri dan melaksanakan bimbingan secara online kepada Balai Pemasyakatan Pekanbaru melalui pembimbing kemasyarakatan. Tujuan penelitian untuk melihat dan mengukur kualitas pelayanan bimbingan online terhadap kepuasan bimbingan asimilasi Covid-19.Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik yang digunakan adalah probabilitas sampling yaitu sampling acak sederhana menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan bimbingan secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan bimbingan asimilasi covid-19. Hasil penelitian empati variabel independen berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel kepuasan bimbingan asimilasi COVID-19 sebagai variabel tergantung variabel Berwujud atau fasilitas fisik yang mempengaruhi kepuasan klien dalam asimilasi Covid-19.

Author Biography

Naek Difen Sitorus, Politeknik Ilmu Pemayarakatan

Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia

Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia

References

Atika, R., Harahap, N., Budaya, P., Dan, K., Kerja, M., Komitmen, T., Karyawan, K., Pt, P., Dinamika, A., Finance, M., Medan, T. C., & Mobil, D. (2010). Rizna Atika Naima Harahap : Pengaruh Budaya Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Kerja Karyawan Pada PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk Cabang Medan 2 Divisi Mobil, 2010.

Iv, B. A. B., & Penelitian, A. H. (n.d.). Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen. 84–99.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Marketing: Creating Customer Value and Engagement. In Principles of Marketing.

Kurnianingrum, T. P. (2020). Kontroversi Pembebsan Covid Di Tengah Pandemi Covid-19. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII No.8(April), 4–5.

Rafida, O. (2018). Peran Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi Dalam Pengaruh Human Resources Practices Terhadap Komitmen Karyawan Di Polda Bengkulu. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(2), 201. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i2.1669

Saeno. (2020, September 24). Putus rantai corona, kemenkumham bebaskan 30 ribuan napi dan napi anak. Bisnis.Com. https://kabar24.bisnis.com/read/20200401/16/1220623/putus-rantai-corona-kemenkumham-bebaskan-30-ribuan-napi-dan-napi-anak

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction.

Vitalio, K., & Turnip, R. C. . (2020). Melawan Corona : Menilik Pembebasan Narapidana. 1–8. https://usd.ac.id/mahasiswa/bem/f1l3/Kajian Covid-19 3 SPKS.pdf

Published

2021-02-04

How to Cite

Sitorus, N. D. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan bimbingan online terhadap kepuasan bimbingan asimilasi covid-19 di balai pemasyarakatan pekanbaru. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(1), 66–74. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i1.8210

Issue

Section

Articles