Pengaruh sosial media marketing dan brand equity terhadap minat beli

Dahmiri Dahmiri

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menganalisis tentang pengaruh social media marketing dan brand equity terhadap minat beli  nanas goreng lokak khas Jambi baik secara silmultan maupun secara parsial. Populasi penelitian adalah seluruh follower pada instagram nanas goreng lokak khas Jambi sedangkan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan perangkat kuesioner, menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa variable social media marketing dan brand equity berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap minat beli nanas goreng lokak khas Jambi. Variabel yang dominan memengaruhi minat beli nanas goreng lokak khas Jambi adalah variable  social media marketing.

Keywords


Social media marketing; brand equity; minat beli

References


Aaker, D. A. (2009). Managing brand equity. simon and schuster.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook. Jakarta: Media Kita.

Aydin, G., & Ulengin, B. (2015). Effect of Consumer-Based Brand Equity on Purchase Intention: Considering Socioeconomic Status and Gender as Moderating Effects. Journal of Euromarketing, 24(2), 107-119.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Christodoulides, G., & De Chernatony, L. (2010). Consumer-based brand equity conceptualization and measurement: A literature review. International journal of research in marketing, 52(1), 43-66.

Dahmiri, S. I., Fatricia, R. S., & Yasmin, A. (2017). Batik Jambi Promotion Based on Social Media in Asean Economics Community. In Proceedings of MICoMS (pp. 323-329).

Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of business research, 69(12), 5833-5841.

Haris Irzandy, M. A., Suharyono, S., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Kartu Perdana SimPATI Khusus Internet di GraPARI Telkomsel Cabang Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 151-158.

Handayani, P. W. (2016). Analysis on effects of brand community on brand loyalty in the social media: A case study of an online transportation (UBER). In 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) (pp. 239-244). IEEE.

Heuer, C. (2012). Measuring-and capturing-the value of social media. The Wall Street Journal.

Husnain, M., & Toor, A. (2017). The impact of social network marketing on consumer purchase intention in Pakistan: Consumer engagement as a mediator. AJBA, 10(1), 167-199.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152-159.

Laksamana, P. (2018). Impact of social media marketing on purchase intention and brand loyalty: Evidence from Indonesia’s banking industry. International Review of Management and Marketing, 8(1), 13-18.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business horizons, 52(4), 357-365.

Muslimawati, C., & Wardani, D. K. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan Dengan Merek Aqua Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 3(2).

Moradi, H., & Zarei, A. (2011). The impact of brand equity on purchase intention and brand preference-the moderating effects of country of origin image. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(3), 539-545.

Nodira, Z., & Přemysl, P. (2017). The Effects on Purchase Intention: The Case of Fruit Juice. Journal of Competitiveness, 9(3), 111.

Oentoro, J. V. (2017). Analisa Pengaruh Brand Equity terhadap Purchase Intention Konsumen pada Produk PC tablet Apple Ipad di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 4(2), 8.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer Behavior. Global Edition. Pearson Higher Education, London, 12(2), 113-120.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D.

Suryadi, D. (2015). The Impact of Brand Equity towards Purchase Intention on PT. X’s Candy. iBuss Management, 3(2).

Wardani, E. A. (2018). Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Kertanegara Guest House Malang. Manajemen Bisnis, 5(2).

Wibowo, Lili Adi dan Donni Juni Priansa. 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v17i2.7354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dahmiri Dahmiri


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja