Pengaruh karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha pada UMKM fashion di kota cimahi
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v17i1.6528Keywords:
Karakteristik wirausaha, inovasi, kinerja usahaAbstract
Untuk mempertahankan suatu bisnis tidak hanya aspek manajerial saja yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Karakteristik wirausaha merupakan faktor internal dari diri seseorang yang harus dimiliki dalam menjalankan suatu usaha. Hal ini menjadi penting karena sifat-sifat inilah yang mendasari seseorang mencari suatu ide yang membedakan usahanya dengan pesaingnya. Inovasi adalah salah satu wujud dari ide yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh dari karakteristik wirausaha dan inovasi yang sudah dilakukan oleh pelaku usaha fesyen di Kota Cimahi terhadap kinerja usaha. Sehingga, perlu diketahui karakteristik wirausaha dan inovasi yang baik dalam menjalankan suatu bisnis. Penelitian ini mengambil objek UMKM bidang fesyen muslim di Kota Cimahi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan menyebar kuesioner. Metode penelitian yang digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan model regresi berganda. Sehingga dapat mengetahui keterkaitan antara karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha baik secara simultan maupun parsial.References
Abdulwahab, M Husni., dan Al-Damen, R Ali. (2015). The Impact of Entrepreneurs’ Characteristics on Small Business Success at Medical Instruments Supplies Organizations in Jordan. International Journal of Business and Social Science Vol. 6, No. 8; Jordan
Ardiansyah, (2017), Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Para Pelaku Usaha Kuliner Di Seputaran Universitas Mulawarman Samarinda, eJournal Administrasi Bisnis, Samarinda
Julina, M.M., Kusuma, A.A.Gede Agung Artha, (2017), Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Fashion Retail Di Kota Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9, 2017: 5005-5031 ISSN : 2302-8912, Denpasar
Dama, Jihanti, dan Ogi, Imelda, W.J, (2018), Pengaruh Inovasi Terhadap Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk. Manado, Jurnal EMBA Vol.6 No.1 Januari 2018, Hal.41-50, ISSN 2303-1174
Li, X., and Jia, Y. (2015). Characteristics Influence for Entrepreneurship Behavior Ability. In International Conference on Education, Management, Commerce and Society (EMCS-15). Atlantis Press:614-619.
Bouazza, A.B., Ardjouman, D., and Abada, O. (2015). Establishing the Factors Affecting the Growth of Small and Medium-sized Enterprises in Algeria. American International, Journal of Social Science, 4(2):101-115.
Hassan, Masood Ul., Shaukat, Sadia., Nawaz, Muhammad Saqib., Naz, Saman., (2013), Effects of Innovation Types on Firm Performance: An Empirical Study on Pakistan’s Manufacturing Sector. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences, Vol. 7 (2), 243-262.
Suryana, Yuyus & Bayu, Kartib, (2010), Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, Jakarta: Kencana
Setyawati, Sri Murni., dan Monica Rosiana. (2015). Inovasi Dan Keunggulan Kompetitif Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis (studi empiris pada Usaha Kecil dan Menengah di Purwokerto). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, 5 (1): 1-18.
Jawa Barat Dalam Angka, (2015).
www.depkop.go.id
Zimmerer, Thomas W and Scarborough, Norman M, 1996, Entrepreneurship and The New Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.