Pengaruh Biaya Produksi dan Penjualan terhadap Laba Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Mangelewa
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v22i3.15474Keywords:
Biaya Produksi, Penjualan, Laba UMKM, Efisiensi Internal, Teori FirmaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya produksi dan penjualan terhadap laba Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya produksi dan penjualan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap laba, baik secara parsial maupun simultan. Efisiensi dalam pengelolaan biaya produksi terbukti mampu meningkatkan margin keuntungan, sementara peningkatan volume penjualan dan daya tarik produk di pasar turut mendorong pertumbuhan pendapatan. Temuan ini sejalan dengan Teori Firma yang menekankan pentingnya efisiensi internal dalam pengambilan keputusan ekonomi perusahaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pengendalian biaya dan penguatan sistem penjualan yang terintegrasi menjadi faktor kunci dalam menciptakan pertumbuhan laba UMKM yang berkelanjutan
References
Anwar, A., Kumalasari, N., & Putri, R. K. (2023). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Penjualan Terhadap Laba Perusahaan Pada Usaha Kecil Menengah Keripik Askha Jaya Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 9(1), 37–42. https://doi.org/10.24967/jmb.v9i1.1962.
Apriwandi, Christine, D., Arsalan, S., & Barus, I. S. (2025). Pendampingan dalam Perhitungan Biaya Produksi dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas UMKM Keripik Liapik. Jurnal Abdimas Mandiri, 9(1), 51–60. https://doi.org/Prefix 10.36982 by.
Casmadi, Y., & Butar, F. S. R. B. (2018). Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Sub Sektor Kabel Periode 2013-2017). Jurnal Akuntansi, 10(2), 11–20. https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/804.
Coase, R. H. (1937). The nature of the firm. Economica, 4(16), 386–405. https://doi.org/10.1111/j.1468-0335.1937.tb00002.x
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Herlina. (2019). Pengaruh Strategi Penjualan terhadap Peningkatan Laba Usaha Mikro di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 115–124.
Hidayat, M. K., Maftukhin, M., & Rahmawati, T. (2023). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Tingkat Profitabilitas (Studi Empiris pada UMKM di Kabupaten Brebes). JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 24–33. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.29.
Kurniawan, A. (2020). Strategi Pengendalian Biaya dan Ekspansi Pasar dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 65–74.
Lestari, F., & Hidayat, R. (2020). Analisis Pengendalian Biaya Produksi sebagai Upaya Peningkatan Profitabilitas UMKM di Masa Krisis Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 8(2), 94–103.
Mujtahidin, & Sofian, H. (2023). Dinas koeperasi dan UMKM Dompu berhasil bentuk seribu UMKM baru. RRI Radio Republik Indonesia. https://www.rri.co.id/umkm/431786/dinas-koeperasi-dan-umkm-dompu-berhasil-bentuk-seribu-umkm-baru.
Pujihati, F. D., Sihabudin, S., & Fauji, R. (2024). Pengaruh Biaya Produksi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Umkm Semprong Amoundy Karawang. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 4019–4029. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.7477.
Putrantoro, A. (2024). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Wonosobo Kabupatenwonosobo). Jurnal Riset Akuntansi, 2(2), 71–84. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v2i2.1717.
Putri, S. P. (2023). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Laba pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen, Hukum Dan Sosial (JMHS), 1(1), 38–45. https://doi.org/10.30596/jmhs.v1i1.11.
Ramdani, R., & Fauziah, N. (2020). Adaptasi Produk terhadap Preferensi Konsumen dan Dampaknya terhadap Pendapatan UMKM. Jurnal Manajemen Usaha Kecil dan Menengah, 5(3), 211–222.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suryani, T., & Nugroho, A. (2022). Integrasi Efisiensi Biaya dan Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Laba UMKM Sektor Ritel. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 10(1), 34–45.
Wafiroh, H., Lailatul, I. N., & Evhin, A. (2023). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan UMKM. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 3(2), 194–201. https://www.embiss.com/index.php/embiss/article/view/209.
Suryani, T., & Nugroho, A. (2022). Integrasi Efisiensi Biaya dan Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Laba UMKM Sektor Ritel. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 10(1), 34–45.
Yanto, R. T. Y., & Prabowo, A. L. P. (2020). Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian Penjualan Pada Produk Pembiayaan Kpr Bersubsidi Di Bank Btn Syariah Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10, no 1(2087–3077), 2–12. https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/736.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ferdiansyah Ferdiansyah, Ega Siful Subhan, Imbrahim Zakariyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.