Integrasi Talent Management dan Inklusi Digital sebagai Strategi Meningkatkan Kinerja SDM Sekolah

Authors

  • Agung Budi Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v22i3.15464

Keywords:

Talent Management, Digital Inclusion, Kinerja, SmartPLS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen talenta (talent management) terhadap kinerja, dengan mediasi digital inclusion pada guru dan staf Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Kota Tangerang. Responden berjumlah 157 orang yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa talent management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Selain itu, digital inclusion terbukti memiliki peran mediasi yang signifikan dalam hubungan tersebut. Artinya, semakin tinggi penerapan manajemen talenta di sekolah, maka kinerja guru dan staf juga meningkat, terutama jika didukung oleh inklusi digital yang baik seperti akses, pemahaman, dan pemanfaatan teknologi digital dalam proses kerja dan pembelajaran. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi kebijakan manajemen talenta dengan pengembangan kapasitas digital sebagai upaya peningkatan kinerja di sektor pendidikan. Sekolah disarankan untuk memperkuat strategi digitalisasi guna memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang ada

References

Al-Hajri, S. (2020). The impact of talent management on organizational performance: A study on private sector in Oman. Journal of Business and Management, 22(4), 1–8. https://doi.org/10.9790/487X-2204020108

Collings, D. G., Mellahi, K., & Cascio, W. F. (2019). Global talent management and performance in multinational enterprises: A multilevel perspective. Journal of Management, 45(2), 540–566. https://doi.org/10.1177/0149206318757018

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.

Handayani, R., Sutisna, E., & Wulandari, F. (2022). Digital literacy and teacher performance in the era of education 4.0. International Journal of Education and Learning, 4(1), 45–53.

Herlina, N., & Tanjung, H. (2023). Peran literasi digital dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 10(1), 70–78.

Huda, M., Kartanegara, M., & Ghulam, M. (2020). Empowering Indonesian teachers through talent development in education 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(7), 529–543.

Khoreva, V., & Wechtler, H. (2018). HR practices and employee performance: The mediating role of employee engagement in emerging markets. International Journal of Human Resource Management, 30(9), 1–25.

Kurniawan, D., Setiawan, R., & Sari, R. (2023). Digital inclusion as a mediation in human capital development and organizational performance. Journal of Digital Business and Education, 5(2), 95–108.

Mangkunegara, A. A. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Nasution, A., & Siregar, M. (2021). Pengaruh literasi digital terhadap efektivitas kerja guru di era pandemi. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 8(2), 112–119.

OECD. (2021). 21st Century Readers: Developing literacy skills in a digital world. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en

Rahmah, I., Mulyani, S., & Andriani, N. (2022). Evaluasi kesiapan literasi digital pada tenaga pendidik di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(3), 120–129.

Ragnedda, M., & Mutsvairo, B. (2018). Digital inclusion: The global south in perspective. Routledge.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.

Siregar, M. & Sembiring, B. (2021). Talent management and its impact on employee performance. International Journal of Management Research, 9(1), 88–96.

Supriadi, D., & Nugroho, Y. (2020). Manajemen talenta di sektor pendidikan: Tinjauan konseptual dan praktik. Jurnal Ilmu Administrasi, 17(2), 130–142.

Tetik, S., Arslan, A., & Altindag, E. (2023). The relationship between talent management and employee performance: Mediating role of organizational commitment. Management Science Letters, 13, 1435–1446.

Ulrich, D., Brockbank, W., Johnson, D., Sandholtz, K., & Younger, J. (2015). HR competencies: Mastery at the intersection of people and business. Society for Human Resource Management.

Wicaksono, A., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh talent management terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 7(1), 55–64.

Wibowo, A., & Prasetyo, H. (2021). Digital literacy sebagai mediasi hubungan antara pelatihan dan kinerja guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 85–92.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Budi, A. (2025). Integrasi Talent Management dan Inklusi Digital sebagai Strategi Meningkatkan Kinerja SDM Sekolah . Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 22(3), 386–391. https://doi.org/10.30872/jkin.v22i3.15464

Issue

Section

Articles