Analisis Faktor Keputusan Pembeliaan Sapi dengan Faktor Bauran Pemasaran di Desa Rasabou
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v22i3.15452Keywords:
Keputusan Pembelian, Bauran Pemasran, Kualitas, Harga, PromosiAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengkaji berbagai aspek rencana penjualan yang dipertimbangkan pembeli, seperti cara mereka beriklan, harga, lokasi penjualan, dan kualitas hewan. Studi ini juga mencakup pemeriksaan detail untuk mempelajari faktor-faktor kunci yang memengaruhi pilihan pembelian. Hasil penelitian tersebut memperjelas bahwa harga suatu barang sangat memengaruhi apa yang dipilih pembeli untuk dibeli, diikuti oleh aspek-aspek terkait kualitas pakan (jenis dan kesehatan sapi), aksesibilitas lokasi penjualan, dan promosi melalui media sosial dan perantara. Pelanggan biasanya memilih sapi dengan harga yang kompetitif, opsi pembayaran yang fleksibel, dan kualitas tinggi. Selain itu, keputusan pembelian dipengaruhi oleh informasi yang dikumpulkan dari komunitas sapi dan kemudahan transportasi. Peternak dan pedagang sapi disarankan untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka dengan memberikan harga yang lebih kompetitif, meningkatkan kualitas sapi untuk memudahkan distribusi, dan menggunakan media sosial serta jejaring komunitas untuk promosi berdasarkan temuan ini. Peningkatan efektivitas pemasaran dan daya tarik pasar sapi lokal diantisipasi dengan pendekatan yang tepat
References
Aryani, K. A., Ardani, N. L. P. E., Dewi, N. M. C. K., Arisandi, N. M. A., Adriani, N. L. D., & Werang, B. R. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT LITERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(03), 75–79. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1320.
Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN VIA INTERNET PADA TOKO ONLINE. J@TI UNDIP : JURNAL TEKNIK INDUSTRI, 8(3), 143–152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152
Novitawati, R. A., Henceni, P. A., & Susanto, R. Y. (2021). Faktor bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen 1. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 57–62.
Rani, P., Permana, A., & Karunia, E. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN PADA SUPERMARKET K-STORE
KRAKATAU JUNCTION
Rani Puspa, Angrian Permana, Erika Karunia, Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(02), 208-216.
Saragih, M., Pardede, J. A., & Sijabat, F. (2017). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien. Idea Nursing Journal, VIII(2), 1–7.
Studi, P., Feb, M., & Kediri, U. N. P. (2023). Analisis faktor keputusan pembelian sapi dengan faktor bauran pemasaran produk di kr farm desa rawasan kota tuban 1),2),3), 2, 1343–1352.
Watae, R. H., Worang, F. G., Soepeno, D., & Ratulangi, U. S. (2017). Pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada Rumah Kopi Billy Samrat di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 4245–4254. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/18390
Widayanto, M. T., Haris, A., & Syarifah, L. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4 (1), 29–40. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.5821
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andika Saputra, M. Ikhwan Syamsuri, Fahrul Mauzu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.