Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v21i2.15030Keywords:
Celebrity Endorsement, Brand Image, Purchase IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention melalui brand image sebagai variabel intervening (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang menggunakan produk Pond's). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara yang menggunakan produk Pond's. Sampel penelitiannya adalah 83 siswa yang menggunakan produk Pond’s. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dan alat analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software Smart PLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh terhadap purchase intention. Celebrity endorsement berpengaruh terhadap brand image. Brand image berpengaruh terhadap purchase intention. Celebrity endorsement berpengaruh terhadap purchase intention melalui Brand image.
References
Aaker, D. A., & Alexander, L. B. (2009). Brand Equity and Advertising : Advertising Role In Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Hillsdale.
Alatas, S. L., & Tabrani, M. (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention melalui brand credibility. Jurnal Manajemen Inovasi, 9(1), 91–105. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jmi.v9i1.11423
Anggraeni, M., & Asnawati. (2017). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Wardah). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1, 303–312. https://doi.org/https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3077
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. Edisi 10. Boston: McGrawHill Irwin.
Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Edisi ketiga. Fakultas Ekonomi UNDIP, Semarang.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Unbiversitas Diponegoro.
Hartono, J. M., & Abdillah, W. (2014). Konsep Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk penelitian empiris, Edisi Pertama. Cetakan Kedua. BPFE, Yogyakarta.
Jauwcelinasari, F. (2019). Pengaruh celebrity endorser dan word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada produk Ponds. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 8(11), 1–16.
Riani, O., & Wijayanto, G. (2023). The Influence Of Brand Image And Celebrity Endorser On Brand Loyalty And Repurchase Intention Of Maybeline Product Consumers In Pekanbaru City. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(January), 104–116.
Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5164. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17
Shimp, T. A. (2010). Advertising, Promotion, & Other Aspects of Integrated Marketing Communications, 8th Edition. USA: Cengage Learning.
Sujana, M. S. A. S., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Peran Brand Image Memediasi Hubungan Celebrity Endorsement Dengan Purchase Intention. Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia (FKBI), 6, 313–324.
Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, F. A., & Sugiharto, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsementterhadap Purchase Intention Denganbrand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Pond’S). Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.1.16-22