Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Electronic Word of Mouth serta Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Gebriela Gebriela Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Heni Rahayu Rahmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.14788

Keywords:

Kepercayaan Konsumen, Electronic Word of Mouth, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kepercayaan konsumen, electronic word of mouth dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada konsumen shopee di kota samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen shopee yang pernah melakukan pembelian minimal dua kali dan berusia minimal 17 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan non-probability sampling jenis purposive sampling. Dengan jumlah sample sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Analisis dilakukan dengan mengunakan Statistical Program for Social Science (SPSS) dengan versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (a). kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (b). electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (c). gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. FASTFOOD Indonesia Store KFC Raja Medan (pp. 1–9).

Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.06.008

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Dewi, E., Tarigan, S., Sabrina, H., & Syahputri, Y. (2020). The Influence of Lifestyle and Sales Promotion on Online Purchase Decisions for Home-Cooked Culinary during Covid-19 in Medan City, Indonesia. International Journal of Research and Review (Ijrrjournal.Com), 7(10), 10.

Dian, S., & Prajanti, W. (2019). Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle , Product Quality and Price Through Purchase Motivation. 8(1), 1–11.

Fhonna, R. A., & Sorayanti Utami. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keterlibatan Keputusan Pembelian Dan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Konsumen Shopee Di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 20–32.

Handini, S. (2020). Proceeding Book of The 2 International Conference on Business and Banking Innovations (ICOBBI) 2020 “Nurturing Business and Banking Sustainability” Proceeding Book of The 2 International Conference on Business and Banking Innovations Steering Committe. ICOBBI (International Conference on Business and Banking Innovation) “Nurturing Business and Banking Sustainability,” 2, 145–152.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Markering. In Person Edition.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management 15th. In Person Edition (Vol. 22).

Lingkan, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol.16(No.01), 493–502. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913

Mehyar, H., Saeed, M., Al-Ja’afreh, H. B. A., & Al-Adaileh, R. (2020). The impact of electronic word of mouth on consumers purchasing intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(2), 183–193.

Prayoga, I., & Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136–140. http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/60/92%0Ahttp://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/60

Prasetyo, K. A. (2018). The Influence of Trust, Security and Service Quality toward Purchase Decision at Lazada. Journal of Research in Management, 1(2), 18–22. https://doi.org/10.32424/jorim.v1i2.26

Putra, B. A. P. W., Rochman, F., & Noermijati, N. (2017). the Effect of Trust, Risk, and Web Design on Consumer Intention by Means of Consumer Attitude To Purchase Online. Jurnal Aplikasi Manajemen, 15(3), 472–479. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2017.015.03.12

Sugiyono, P. D. (2019). Statistik Untuk Penelitian (ke 30).

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Gebriela, G., & Rahmawati, H. R. (2024). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Electronic Word of Mouth serta Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 21(1), 122–130. https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.14788

Issue

Section

Articles