Co-branding dalam Industri Kosmetik: Pengaruh Brand Image Mitra; Perceived Value Ramah Lingkungan, Berorientasi pada Lingkungan; dan Atribut Produk pada Minat Pembelian

Authors

  • Dani Wadiandini Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Tuban
  • Megawaty Megawaty Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Tuban
  • Nurul Hidayatul Arif Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Tuban
  • Diki Ahmad Mudhakir Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Tuban
  • Putra Narendra Ramadani Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Tuban

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v21i2.14772

Keywords:

Customer preferences, perilaku konsumen, industri kosmetik, co-branding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh independent variable (Brand Image Mitra; Perceived Value Ramah Lingkungan, dan Atribut Produk) terhadap minat pembelian (purchase intention) pada konsumen produk co-branding industri kosmetik. Selain itu, penelitian ini juga menguji karakter brand image seperti apa yang menarik bagi Gen Y dan Gen Z, serta untuk mengetahui sektor yang paling menarik menjadi mitra co-branding produk kosmetik. Populasi pada menelitian ini berjumlah 156 responden, yang terdiri dari 96 responden Gen Z dan 60 responden Gen Y yang tersebar di Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dilakukan secara online. Teknik analisis data menggunakan metode SEM PLS. Meskipun terdapat perbedaan preferensi, akan tetapi secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pada Gen Y maupun Gen Z, variable independent berpengaruh positif terhadap minat pembelian (purchase intention). Gen Z cenderung tertarik pada brand image yang mencerminkan semangat muda, modern, dan trendi (Excitement). Sektor Kosmetik merupakan pilihan utama kemitraan untuk co-branding. Di sisi lain, Gen Y menunjukkan minat yang seimbang antara brand image yang membangkitkan kegembiraan (Excitement) dan ketulusan (Sincerity), dengan sektor kosmetik, makanan & minuman, serta fashion menjadi pilihan utama untuk kemitraan co-branding.

References

Aaker, J. L. (1997). Dimensions of Brand Personality. Journal of Marketing Research, 34(3), 347–356. https://doi.org/10.1177/002224379703400304

Chen, Y.-S., & Chang, C.-H. (2012). Enhance green purchase intentions: The roles of green perceived value, green perceived risk, and green trust. Management Decision, 50(3), 502-520. doi:10.1108/00251741211216250

Cosmetics Europe - The Personal Care Association. (n.d.). Cosmetics industry. Retrieved December 29th, 2024, from https://www.cosmeticseurope.eu/cosmetics-industry

Ferdinand, M., & Ciptono, W. S. (2022). Indonesia’s Cosmetics Industry Attractiveness, Competitiveness and Critical Success Factor Analysis. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 15(2), 209–223. https://doi.org/10.20473/jmtt.v15i2.37451

Islam, M. S., Islam, M. S., & Hasan, M. M. (2009). Development Model of Marketing Capabilities and Export Performance of SMEs: A Proposed Study. European Journal of Business and Management, 10(22), 107–114. https://doi.org/10.13140/ejbm.2013.55.65

Islam, U., Profesor, N., Haji, K., & Zuhri, S. (2023). Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam Di Banyumas Indonesia Dengan Label Halal Dan. 3(1), 25–41.

Kokkhangplu, A., Onlamai, W., Chokpreedapanich, T., & Phikul, K. (2023). What Predicts Behavioral Intention in Eco-Friendly Hotels? The Roles of Tourist’s Perceived Value and Satisfaction: A Case Study of Thailand. Sustainability (Switzerland), 15(4). https://doi.org/10.3390/su15043219

Lan, N., Chi, H., Thu, T., & / N. (2021). Critical Factors Influencing Consumer Online Purchase Intention for Cosmetics and Personal Care Products in Vietnam. Journal of Asian Finance, 8(9), 131–0141. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no9.0131

Limbu, Y. B., & Ahamed, A. F. M. J. (2023). What Influences Green Cosmetics Purchase Intention and Behavior? A Systematic Review and Future Research Agenda. Sustainability (Switzerland), 15(15). https://doi.org/10.3390/su151511881

Liu, H. (2021). Perceived Value Dimension, Product Involvement and Purchase Intention for Intangible Cultural Heritage Souvenir. American Journal of Industrial and Business Management, 11(01), 76–91. https://doi.org/10.4236/ajibm.2021.111006

Pahlevi, R. (2022, September). Kebanyakan Perempuan Indonesia lebih suka pakai kosmetik local. Databoks.https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/19/kebanyakan-perempuan-indonesia-lebih-suka-pakai-kosmetik-lokal

Ramadhani, F (2022, Juni) Intip Data Penjualan Kosmetik Wajah terlaris di shoppe dan Tokopedia: brand makeup local dan impor bersaing sengit. Compas. https://compas.co.id/article/brand-makeup-lokal/

Rukmana, I.D (2022, Juni). Data Penjualan dan Strategi Marketing MS Glow vs skintific kategori pelembap wajah terlaris 2022. Compas. https://compas.co.id/article/data-penjualan-top-brand-pelembap-wajah-terlaris/

Saleem, B. A., Ghafar, A., Ibrahim, M., Yousuf, M., & Ahmed, N. (2015). Product Perceived Quality and Purchase Intention withConsumer Satisfaction. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, 15(1), p21-28. https://globaljournals.org/GJMBR_Volume15/3-Product-Perceived-Quality.pdf

Williams, P., & Soutar, G. N. (2009). Value, Satisfaction and Behavioral Intentions in an Adventure Tourism Context. Annals of Tourism Research, 36, 413-438.https://doi.org/10.1016/j.annals.2009.02.002

Published

2024-05-25

How to Cite

Wadiandini, D., Megawaty, M., Arif, N. H., Mudhakir, D. A., & Ramadani, P. N. (2024). Co-branding dalam Industri Kosmetik: Pengaruh Brand Image Mitra; Perceived Value Ramah Lingkungan, Berorientasi pada Lingkungan; dan Atribut Produk pada Minat Pembelian. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 21(2). https://doi.org/10.30872/jkin.v21i2.14772

Issue

Section

Articles