Perbedaan Kepuasan Belanja online dan offline

Authors

  • Widya Hana Fahleti Fakultas Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tenggarong

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.14635

Keywords:

Belanja, online, offline, kepuasan

Abstract

Setiap orang melihat perilaku yang berbeda saat berbelanja online dan offline. Penting bagi pemasar online untuk mengenali dan memahami perbedaan kepuasan belanja online dan offline ini saat merumuskan strategi pemasaran yang selanjutnya dapat memengaruhi kepuasan konsumen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan belanja secara online dan offline di Kutai Kartanegara. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kutai Kartanegara, sampel yang diperoleh sebanyak 196 terdiri dari 98 responden pembeli secara online dan 98 responden pembeli secara offline. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Mann Whitney. Hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan kepuasan belanja secara online dan offline di Kabupaten Kutai Kartanegara, dari perbandingan mean menunjukkan kepuasan belanja secara online lebih tinggi dibanding belanja secara offline.

Author Biography

Widya Hana Fahleti, Fakultas Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tenggarong

Dosen

References

Abdullah, T. dan Francis, T. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Algifari. (1997). Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi, Edisi pertama. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

Amanah D. & Harahap D.,A., (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol. 11 No.3.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Astuti, dkk. (2020). Studi Perbandingan Kepuasan Konsumen Berbasis online dan Belanja offline terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Economic Education and Enterpreneurship Vol.3 (1). Studi Perbandingan Kepuasan Konsumen Berbasis online dan Belanja offline terhadap Loyalitas Konsumen | Astuty | Economic Education and Entrepreneurship Journal (unila.ac.id)

Chaca, A.S. (2015). Perilaku Berbelanja online di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Vol. 4 No.2 download-fullpapers-auna97cbdaabbfull.pdf (unair.ac.id)

Forsythe, S. et al., (2006). Development of a Scale to Measure The Perceived Benefits and Risk of online Shopping Journal of Interavtive Marketing Vol. 20 (2), 55-75.

Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992). Research Methods for Business and Management. Now York: MacMillan Publishing Company.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, edisi 11, Jilid 2. Jakarta : Prenhalindo.

Kotler, P and Kevin L.K. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

M. Degeratu, A. Rangaswamy and J. Wu, “Consumer Choice Behavior in online and Traditional Supermarkets: The effects of Brand Name, Price and Other Search Attributes,” International Journal Research in Marketing, Vol. 17, No. 1, 2001, pp. 55-78. doi:10.1016/S0167-8116(00)00005-7

Nuraini, D., dan Evianah, E. (2019). Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara online dan offline. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi. Vol 15 (2) Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara online Dan offline | Nuraini | Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi (uwks.ac.id)

Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. (1988). “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12- 37

Shahnaz, dan Wahyono. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Ditoko online. Jurnal Manajemen. UNES.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharso. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya karya.

Suleman, dkk. (2020). Pembeda Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja offline VS online. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 4 (2) Pembeda Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja offline Vs online | Suleman* | Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (bsi.ac.id)

Tjiptono, F. (2005). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Marknesis.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Fahleti, W. H. (2024). Perbedaan Kepuasan Belanja online dan offline. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 21(1), 07–16. https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.14635

Issue

Section

Articles