Pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening

Authors

  • Mawardi Mawardi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong.
  • Ali Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong.
  • Pinto Rukmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong.
  • Rachma Nur Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v20i4.14129

Keywords:

Shopping lifestyle, positive emotion, impulse buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Oentha di Tenggarong serta sampel penelitian yang digunakan yaitu 90 orang konsumen Toko Oentha di Tenggarong. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dan alat analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software Smart PLS versi 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Shopping Lifestyle berpengaruh terhadap Positive Emotion (2) Shopping Lifestyle berpengaruh terhadap Impulse Buying (3) Positive Emotion berpengaruh terhadap Impulse Buying (4) Shopping Lifestyle berpengaruh terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion.

References

Anggraini, N. A., & Anisa, F. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulsif Buying Pada Konsumen Shopee Fashion Magelang Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi. In UMMagelang Conference Series, ISSN 2662-94, 317–327. http://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/4202/1962

Fauzi, L. U., Welsa, H., & Susanto. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3(1), 1–12. journal.umy.ac.id/index.php/bti

Febria, M., & Oktavio, A. (2020). Peran Positive Emotion Sebagai Intervening Variable Antara Sales Promotion Dan Impulsive Buying Behaviour Pada Pengguna E-Wallet Pengunjung Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 67–76. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.67

Iriantini, D. B., & Herawati, W. (2017). Studi Tentang Impulse Buying Pada Konsumen Ranch Market Bukit Darmo Boulevard Surabaya. Equilibrium, Edisi Khusus Oktober 2017, 18–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v0i0.415

Izzati, N. (2021). Pengaruh Positive Emotion Dan Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying Pada Flash Sale Shopee (Studi Pada Masyarakat Bangkinang Kota Kabupaten Kampar) [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru]. https://repository.uin-suska.ac.id/50346/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Naentiana, P. V., & Setiawan, P. Y. (2014). Peran Positive Emotion Dalam Memediasi Pengaruh Hedonic Shpping Value Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus : Mall Bali Galeria). E-Journal Managemet, 3(8), 2314–2332. https://media.neliti.com/media/publications/252720-peran-positive-emotion-dalam-memediasi-p-634001b6.pdf

Pranoto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Persero TBK. Cabang Tenggarong). Universitas Kutai Kartanegara.

Sari, D. P., Widad, A., & Eka, D. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Pada Konsumen Butik 79 Di Palembang Trade Center Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun, 2, 94. https://doi.org/https://doi.org/10.29259/jmbt.v11i2.3126

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirmizi, M. A., Rehman, K,U., & Saif, M. I. (2009). An empricial study of consumer impulse buying behavioe in local markets. European Journal of Scientific Research, 28(4), 522-532.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mawardi, M., Akbar, A., Rukmini, P., & Nur Wahyuni, R. (2023). Pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 20(4), 534–548. https://doi.org/10.30872/jkin.v20i4.14129

Issue

Section

Articles