Pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap efektivitas kerja aparatur desa

Julistyono Widodo, Sahwan Sahwan, Disa Amalia H Batania

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Efektivitas Kerja Aparatur Desa pada Kantor Desa Pajeko Kecamatan Momunu Kabupaten Buol. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitaif, jenis data berupa sekunder dan primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur desa pada kantor Desa Pajeko Kecamatan Momunu Kabupaten Buol yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan jumlah populasi yang terbatas pada penelitian ini maka keseluruhan dari populasi dijadikan responden dalam penelitian dengan teknik sampel jenuh. Analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja dan lingkungan kerja kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja apartur desa pada kantor Desa Pajeko Kecamatan Momunu Kabupaten Buol. Dengan F hitung 18.204 > f tabel 3,34 atau nilai signifikan 0,00 < 0.05.

Keywords


Disiplin kerja; lingkungan kerja; efektivitas kerja; aparat desa

References


Defung, F., Salim, R., & Bloch, H. (2016). Has regulatory reform had any impact on bank efficiency in Afandi. (2018). Fungsi Disiplin Kerja,. fandi ,Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora. Semarang Universitas Dipenogoro 13.

Rivai. (2009). Pengaruh disiplin Kerja,Lingkungan Kerja,Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Santi ferdiana , 17.

Sugiyono. (2011). Gustiana.Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dirumah Sakit Pelabuhan Palembang, Skripsi Universitas Muhamadiya Palembang.

Santi, f. (2012). Pengaruh Disiplin kerja,Lingkungan kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi kasus pada karyawan Pt.Express Kencana Lestari).BS thesis Jakarta:Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN . Syarif Hidayatullah, 1-2.

Liang Gie. (2006). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap efektivitas Kerja Pegawai Pada Badan kepegawaian Daerah Kota Semarang. Eti Dwi Rahayu, 2




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i4.14054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Julistyono Widodo, Sahwan Sahwan, Disa Amalia H Batania


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja