Analisis perilaku sticky cost biaya penjualan dan biaya administrasi dan umum

Ihza Mahendra, Yana Ulfah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui apakah ada indikasi perilaku sticky cost biaya penjualan, biaya administrasi dan umum terhadap aktivitas penjualan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia. Data penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan manufaktur pada periode 2017-2021. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 data laporan keuangan pada perusahaan manufaktur. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi liner berganda, uji kelayakan model, serta koefisien determinasi dan pengolahan data dibantu SPSS 26. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa terjadinya perilaku sticky cost pada biaya penjualan. Ketika penjualan bersih meningkat sebesar 1 persen maka biaya penjualan meningkat 0.147 persen. Sementara pada saat menurun sebesar 1 persen, biaya penjualan hanya menurun sebesar 0,097 persen. Dalam Biaya administrasi dan umum ditemukan adanya perilaku sticky cost, biaya administrasi dan umum perubahannya tidak mengikuti penjualan bersihnya pada periode 2017-2021.


Keywords


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui apakah ada indikasi perilaku sticky cost biaya penjualan, biaya administrasi dan umum terhadap aktivitas penjualan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia. Data

References


Abu-Serdaneh, J. (2014). The Asymmetrical Behavior of Cost: Evidence from Jordan. International Business Research, 7. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n8p113

Anderson, M. C., Banker, R. D., & Janakiraman, S. (2003). Are Selling, General, and Administrative Costs “Sticky”?

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial.

Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.

He, D., Teruya, J., & Shimizu, T. (2010). Sticky Selling, General, And Administrative Cost Behavior and Its Changes In JAPAN (Vol. 4).

Kartikasari, R., Suzan, L., & Muslih, M. (2018). Perilaku Sticky Cost Terhadap Biaya Tenaga Kerja dan Beban Usaha Pada Aktivitas Penjualan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 10(1), 1–7. www.bps.go.id

Malcom, R. E. (1991). Overhead Control Implications of Activity Costing.

Nugroho, P. I., & Endarwati, W. (2014). Do the Cost Stickiness in The Selling, General and Administrative Costs Occur in Manufacturing Companies in Indonesia? In The Indonesian Journal Of Accounting Research (Vol. 17, Issue 3).

Purnamasari, P., & Umiyati, I. (2019). Asymmetric Cost Behavior dan Pilihan Strategi. https://doi.org/10.22219/jrak.v9i1.41

Putra, I. M. (2018). Akuntansi Biaya.

Ratnawati, L., & Nugrahanti, Y. W. (2015). Perilaku Sicky Cost Biaya Penjualan, Biaya Administrasi dan Umum Serta Harga Pokok Penjualan Pada Perusahaan Manufaktur: Vol. XVIII (Issue 2).

Wahyuningtyas, Y., & Nugrahanti, Y. W. (2014). Pengaruh Asset Intensity dan Employee Intensity Terhadap Sticky Cost Pada Biaya Penjualan, Administrasi, dan Umum. 8.

Weiss, D. (2010). Cost behavior and analysts’ earnings forecasts. Accounting Review, 85(4), 1441–1471.

Yasukata, K., & Kajiwara, T. (2011). Are “Sticky Costs” the Result of Deliberate Decision of Managers?




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.13505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ihza Mahendra, Yana Ulfah


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja