Analisis perilaku sticky cost biaya penjualan dan biaya administrasi dan umum
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.13505Keywords:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui apakah ada indikasi perilaku sticky cost biaya penjualan, biaya administrasi dan umum terhadap aktivitas penjualan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia. DataAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui apakah ada indikasi perilaku sticky cost biaya penjualan, biaya administrasi dan umum terhadap aktivitas penjualan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia. Data penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan manufaktur pada periode 2017-2021. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 data laporan keuangan pada perusahaan manufaktur. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi liner berganda, uji kelayakan model, serta koefisien determinasi dan pengolahan data dibantu SPSS 26. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa terjadinya perilaku sticky cost pada biaya penjualan. Ketika penjualan bersih meningkat sebesar 1 persen maka biaya penjualan meningkat 0.147 persen. Sementara pada saat menurun sebesar 1 persen, biaya penjualan hanya menurun sebesar 0,097 persen. Dalam Biaya administrasi dan umum ditemukan adanya perilaku sticky cost, biaya administrasi dan umum perubahannya tidak mengikuti penjualan bersihnya pada periode 2017-2021.
References
Abu-Serdaneh, J. (2014). The Asymmetrical Behavior of Cost: Evidence from Jordan. International Business Research, 7. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n8p113
Anderson, M. C., Banker, R. D., & Janakiraman, S. (2003). Are Selling, General, and Administrative Costs “Sticky”?
Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial.
Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.
He, D., Teruya, J., & Shimizu, T. (2010). Sticky Selling, General, And Administrative Cost Behavior and Its Changes In JAPAN (Vol. 4).
Kartikasari, R., Suzan, L., & Muslih, M. (2018). Perilaku Sticky Cost Terhadap Biaya Tenaga Kerja dan Beban Usaha Pada Aktivitas Penjualan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 10(1), 1–7. www.bps.go.id
Malcom, R. E. (1991). Overhead Control Implications of Activity Costing.
Nugroho, P. I., & Endarwati, W. (2014). Do the Cost Stickiness in The Selling, General and Administrative Costs Occur in Manufacturing Companies in Indonesia? In The Indonesian Journal Of Accounting Research (Vol. 17, Issue 3).
Purnamasari, P., & Umiyati, I. (2019). Asymmetric Cost Behavior dan Pilihan Strategi. https://doi.org/10.22219/jrak.v9i1.41
Putra, I. M. (2018). Akuntansi Biaya.
Ratnawati, L., & Nugrahanti, Y. W. (2015). Perilaku Sicky Cost Biaya Penjualan, Biaya Administrasi dan Umum Serta Harga Pokok Penjualan Pada Perusahaan Manufaktur: Vol. XVIII (Issue 2).
Wahyuningtyas, Y., & Nugrahanti, Y. W. (2014). Pengaruh Asset Intensity dan Employee Intensity Terhadap Sticky Cost Pada Biaya Penjualan, Administrasi, dan Umum. 8.
Weiss, D. (2010). Cost behavior and analysts’ earnings forecasts. Accounting Review, 85(4), 1441–1471.
Yasukata, K., & Kajiwara, T. (2011). Are “Sticky Costs” the Result of Deliberate Decision of Managers?
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.