Analisa peranan resepsionis dalam memberikan pelayanan pada Universitas Mulia Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.13215Keywords:
Sumber daya manusia, pelayanan, resepsionisAbstract
Penelitian ini adalah Peranan Resepsionis dalam Memberikan Pelayanan pada Universitas Mulia Balikpapan. Resepsionis merupakan orang pertama pada suatu perusahaan yang dituju oleh para tamu sebelum bertemu dengan orang yang dimaksud. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Karena metode kualitatif dinilai lebih mudah dalam pelaksanaannya, dengan pendekatan langsung kepada objek yang akan diteliti. Dalam metode kualitatif ini penulis menggunakan studi wawancara, observasi dan studi kepustakaan serta trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa resepsionis Universitas Mulia Balikpapan memegang peranan sebagai pemberi informasi, penunjang kegiatan akademik, problem solver, public relation. Dan kendala yang dialami yakni penanganan administrasi pendaftaran mahasiswa yang masih kurang efektif, dan keterbatasan jumlah resepsionis yang ada di Universitas Mulia Balikpapan.
References
Boediono, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan, Rineka Cipta, Jakarta.
Moleong, L.J, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Simanjuntak, Herpinus, 1995. English for Receptionist, Kesaint Blanc, Jakarta.
Sinambela, Lijian Poltak, 2006.Reformasi Pelayanan Publik: Teori Kebijakan dan Implementasi, Jakarta: PT. Bumi Aksara. Lestari.
Soekanto, Soerjono, 2002. Teori Peranan, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Wardoyo, Soejatno, FX, 1996. Front Office Procedures, Surabaya.
Wirartha, Mada, 2006. Metode Penelitian Sosial Ekonomi, Andi Offset, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.