Analisa peranan resepsionis dalam memberikan pelayanan pada Universitas Mulia Balikpapan
Abstract
Penelitian ini adalah Peranan Resepsionis dalam Memberikan Pelayanan pada Universitas Mulia Balikpapan. Resepsionis merupakan orang pertama pada suatu perusahaan yang dituju oleh para tamu sebelum bertemu dengan orang yang dimaksud. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Karena metode kualitatif dinilai lebih mudah dalam pelaksanaannya, dengan pendekatan langsung kepada objek yang akan diteliti. Dalam metode kualitatif ini penulis menggunakan studi wawancara, observasi dan studi kepustakaan serta trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa resepsionis Universitas Mulia Balikpapan memegang peranan sebagai pemberi informasi, penunjang kegiatan akademik, problem solver, public relation. Dan kendala yang dialami yakni penanganan administrasi pendaftaran mahasiswa yang masih kurang efektif, dan keterbatasan jumlah resepsionis yang ada di Universitas Mulia Balikpapan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Boediono, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan, Rineka Cipta, Jakarta.
Moleong, L.J, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Simanjuntak, Herpinus, 1995. English for Receptionist, Kesaint Blanc, Jakarta.
Sinambela, Lijian Poltak, 2006.Reformasi Pelayanan Publik: Teori Kebijakan dan Implementasi, Jakarta: PT. Bumi Aksara. Lestari.
Soekanto, Soerjono, 2002. Teori Peranan, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Wardoyo, Soejatno, FX, 1996. Front Office Procedures, Surabaya.
Wirartha, Mada, 2006. Metode Penelitian Sosial Ekonomi, Andi Offset, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.13215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Isti Prabawani, Mada Aditya
Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: Kinerja