Pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian fried chicken home delivery

Rd. Roro Anggraini Soemadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada KFC taman palem cengkareng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 pelanggan KFC taman palem. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel digital marketing (X1) berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian (Y), Hal ini ditunjukkan dengan thitung> ttabel yakni 6,982>1,660. Kualitas produk (X2) berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian (Y), Hal ini ditunjukkan dengan thitung> ttabel yakni 2,737>1,986. Dan nilai signifikan regresi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan secara simultan variabel digital marketing (X1) dan kualitasproduk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) yakni fhitung > ftabel sebesar 31,488> 3,09. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 6.818+- 0,330X1 + 0,473X2. Koefisien determinasi sebesar 62,7%, yang sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.


Keywords


Pemasaran digital; kualitas produk; keputusan pembelian

References


Allysa, Nindia, Maharani, Nina dan Estri, Septiana. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Ozon Parfum Fragrance. EJournal, Volume 4, No. 2, Tahun 2018. Universitas Islam Bandung.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Damayanti, C. & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal 4 (3). Universitas Negeri Semarang.

Fahrezzy, Rifqi Sulthan dan Moch.Trenggana, Arlin Ferlina. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Laptop Asus. E-Journal, Vol. 17, No. 2. Mei - Agustus 2018. Universitas Telkom.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Joshua, Davin dan Padmalia, Metta. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, Volume 5, Nomor 1, Maret 2016. Universitas Ciputra Surabaya.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong. (2014). Principles of Marketing Fifteenth Edition. England: Pearson Education.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Millenium Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Putri, Insyira Widya. (2017). Pengaruh Pemasaran Digital dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Papersmooth Bandung. Bandung: Universitas Widyatama

Rahayu, Suharni dan Haryanto, Joko. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Majalah Media Asuransi (Studi Kasus pada PT. Media Asuransi Indonesia). Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 1 No.1 / Oktober 2017.

Rao, Purba. (1996). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis”. The Asian Manager (February-March).

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan, Josua. (2009). Creative Digital Marketing Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif dan Berdaya Hasil yang Gemilang. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. (2015). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Equilibrium, Volume 3, Nomor 2, Juli 2015. IKIP PGRI Madiun.

Suprayogi, Bambang. (2019). Implementasi Pemasaran. Jurnal PRODUKTIF, 3(2), 16–24.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.13182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rd. Roro Anggraini Soemadi


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja