Kinerja karyawan: komunikasi interpersonal, kerjasama tim dan disiplin kerja

Muh Hasan Muh Hasan, Nurmala Nurmala

Abstract


Pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh komunikasi interpersonal, kerjasama team dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan bagian outsole pada PT. Multi Kreasi Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah 50 karyawan menggunakan perhitungan sampel jenuh yaitu sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial komunikasi interpersonal berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan yang mempunyai nilai uji t-hitung sebesar 16,151, lebih besar dari t-tabel 2,0106, variabel kerjasama team mempunyai nilai uji t-hitung sebesar 13,848, dan variabel disiplin kerja mempunyai nilai uji t-hitung sebesar 17,069, dan lebih besar dari t-tabel 2,0106. Secara simultan komunikasi interpersonal, kerjasama team dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan yang mempunyai nilai uji f-hitung sebesar 121,967 lebih besar dari f-tabel 3,19.


Keywords


komunikasi interpersonal; kerjasama team; disiplin kinerja karyawan

References


Amirullah. (2017). Metode Penelitian Manajemen.Malang: Bayumedia Publishing Malang.

Ari Rizqi Ridwan Arifin. (2019). Pengaruh komunikasi, disiplin kerja, dan pengawasan kerja terhadap kinerja karyawan pt prima usaha era mandiri di surabaya.

Endang Purwaningsih (2019). Pengaruh persepsi interpersonal, konsep diri, atraksi interpersonal, dan hubungan interpersonal terhadap komunikasi interpersonal siswa otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smk negeri 1 demak.

Ety Nur Inah, Melia Trihapsari. (2016). Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Tsanawiyah Tridana Mulya Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan.

Eva Patriana(2017). Komunikasi Interpersonal Yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan Dan Keluarga Anak Pelaku PidanaDi Bapas Surakarta.

Eva Silvani Lawasi, Boge Triatmanto. (2017). Pengaruh komunikasi, motivasi dan kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan.

Febriyanto, & Andri. (2015). Manajemen Dan Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen.Manajemen.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Luh Mang Indah Mariani, Ni Ketut Sariyathi (2017). Pengaruh motivasi, komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan warung mina peguyangan di denpasar.

Muhammad Taufan, Dr. Dian Indiyati S.H., S.E., M.Si. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal dan kreativitas terhadap kinerja karyawan

(studi kasus pada PT. Republika media mandiri).

Sarinah, & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrul Fajri, Yuliana, Hijriyantomi Suyuthie.(2016). Hubungan komunikasi interpersonal dengan kinerja karyawan hotel bumiminang padang.

Unsul abrar (2016). Pengaruh peran kepemimpinan, motivasi dan komunikasi interpersonal terhada kepuasan kerja dan kinerja di iain jember.

Wittria Anggelina Y.A (2017). Pengaruh kerjasama kelompok, disiplin kerja, komunikasi interpersonal, dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada dinas perindustrian dan perdagangan provinsi sumatera barat.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.13121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh Hasan Muh Hasan, Nurmala Nurmala


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja