Pengaruh migrasi masuk dan investasi serta pendidikan terhadap kesempatan kerja dan pengangguran terbuka

Amalia Maulina, Siti Amalia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Migrasi Masuk dan Investasi serta Pendidikan Terhadap Kesempatan Kerja dan Pengangguran Terbuka di Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data sekunder dan time series. Alat dan Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dengan menggunakan program aplikasi komputer yaitu SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung variabel Migrasi Masuk (X1) dan Investasi (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kesempatan Kerja (Y1), variabel Pendidikan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Kesempatan Kerja (Y1). Selanjutnya variabel Migrasi Masuk (X1), Investasi (X2)  dan Kesempatan Kerja (Y1) secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Pengangguran Terbuka, Variabel Pendidikan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengangguran Terbuka. Secara tidak langsung variabel Migrasi Masuk dan Investasi berpengaruh negatif terhadap Pengangguran Terbuka melalui kesempatan kerja dan secara tidak langsung variabel Pendidikan berpengaruh Positif terhadap Pengangguran Terbuka melalui Kesempatan Kerja di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Migrasi masuk; investasi; pendidikan; kesempatan kerja; pengangguran terbuka

References


Adioetomo, Sri Moertiningsih dan Omas Bulan Samosir. 2011. Dasar-Dasar Demografi. Jakarta: Salemba Empat.

Aditya Barry Kurniawan (2014) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum, dan Investasi Terhadap Jumlah Pengangguran di Kabupaten Gresik.

Amelie F. Constant (2014). Do Migrants Take The Jobs Of Native Workers? Migrants Rarely Take Native Workers Jobs, And They Boost Employment Effects In The Long Term.

Ansofino, Devinna Septhiyan, Yolamalinda, Hayu Yolanda Utami (2015) Pengaruh Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Kesempatan Kerja, Upah dan Wirausaha Kecil Terhadap Pengangguran di Indonesia Periode Tahun 2001 – 2013.

Bandiyono, Suko. 2004. "Pola Kerja Sarna Antara Daerah dalam Pengelolaan Migrasi/ Mobilitas Penduduk". Paper, disampaikan pada pertemuan Penyusunan Pedoman Kerja Sarna Antardaerah dalam Rangka Penataan Persebaran Penduduk di Jakarta 22 Juni 2004.

Candra Gunawan Wibisono (2014). Pengaruh Migrasi Masuk, Pendidikan dan Upah Minimum Terhadap Pengangguran Terbuka Di Kabupaten dan Kota Provinsi Jawa Timur.

Chumney, E. C. G., Ragucci, K. R., & Jones, K. J. (2008). Impact of a Dual PharmD / MBA Degree on Graduates ’ Academic Performance , Career Opportunities , and Earning Potential. 72(2), 1–6.

Djodjohadikusumo, Sumitro . 1994. Dasar Teori Pertumbuhan Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta. LP3S.

Dumairy. 1997. Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Freund, C. (2014). Episodes of Unemployment Reduction in Rich , Middle-Income , and Transition Economies. Policy Research Working Paper, World Bank, 2014, WPS6891(May).

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2018. Alat Analisis Data; Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit Andi (Anggota IKAPI).

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T.Hani. 2014. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi : edisi ke 1. Yogyakarta : BPFE.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i1.12907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amalia Maulina, Siti Amalia


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja